Objek Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang Dibuka Lagi, Ini Aturan Bagi Pengunjung
Klenteng Sam Poo Kong Semarang. (Solopos/dok).

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 37 tempat wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) resmi dibuka akhir pekan ini. Tempat wisata tersebut telah diizinkan menerima kunjungan wisatawan dengan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indrayasari, mengatakan tempat wisata yang sudah diizinkan beroperasi itu telah menyatakan kesiapan menerapkan protokol kesehatan dalam menerima kunjungan wisatawan.

"Ada 37 tempat wisata yang sudah diizinkan buka. Tempat wisata itu antara lain Sam Poo Kong dan Grand Maerakaca," ujar perempuan yang akrab disapa Iin itu kepada Semarangpos.com, Jumat (26/6/2020).

Dibukanya tempat wisata Semarang di masa pandemi Covid-19 ini merupakan bagian dari kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) jilik ke-IVyang berlaku mulai 22 Juni 2020 hingga 8 Juli 2020.

206 Tugu Perguruan Silat di Sragen Bakal Dirobohkan

Iin mengaku meski sudah diizinkan buka, tempat wisata itu harus mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19. Bahkan, demi memastikan protokol kesehatan itu, diterapkan Disbudpar Kota Semarang melakukan pengecekan secara langsung dan mewajibkan tempat wisata menggelar simulasi.

Protokol yang wajib dipenuhi itu antara lain menyediakan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, menerapkan jaga jarak serta mewajibkan pemakaian masker bagi petugas maupun pengunjung.

Selain itu, tempat wisata itu hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB, serta menerapkan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50% dari daya tampung.

KA Prameks Jogja-Solo Setop Beroperasi Akhir 2020, Ini Penggantinya

Museum Lawang Sewu

Sementara itu, berbeda dengan tempat wisata lainnya, Museum Lawang Sewu justru belum berencana menerima kunjungan wisatawan pada akhir pekan ini.

Manajer Historical Building dan Museum PT KAI Wisata, Trisna Cahyani, memutuskan untuk membuka kembali objek wisata Museum Lawang Sewu Semarang pada 15 Juli 2020.

"Rencana baru kita buka tanggal 15 Juli nanti, tapi kita akan berusaha mempercepatnya," terang Trisna.

Benarkah Diet Telur Rebus Jadi Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan?

Trisna mengatakan saat ini Museum Lawang Sewu masih terus melakukan persiapan untuk menerima kunjungan wisatawan, seperti protokol pencegahan Covid-19.

"Semua syarat sebenarnya standar dan kami bisa memenuhi. Tapi, kami ingin benar-benar siap baru buka. Kalau dari Pemkot Semarang sebenarnya sudah mendorong kami untuk buka, tapi kami mau mempersiapkan secara matang," tutur Trisna.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho