SOLOPOS.COM - Pegawai hotel melayani wisatawan di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (3/3/2020). (Solopos/Antara Foto/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA -- Objek wisata di Bali bakal dibuka dan siap menerima wisatawan pada 31 Juli 2020. Meski telah dibuka, wisatawan yang diizinkan berkunjung dibatasi, yakni hanya wisatawan nusantara.

Selanjutnya, objek wisata di Bali bakal dibuka untuk wisatawan asing pada September 2020 mendatang. Sementara itu, pemerintah kembali mengingatkan pelaku usaha pariwisata di Bali untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyebut saat ini Indonesia telah mulai memasuki masa adaptasi kebiasaan baru. Kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, termasuk objek wisata, yang akan mulai beroperasi kembali secara bertahap.

Pengrajin Geraban di Klaten Mulai Berproduksi, Produk Ini Malah Laris

"Saya sangat bersyukur kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali akan mulai beroperasi. Untuk itu para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali diharapkan terus dapat menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya dan penuh kedisiplinan," kata Wishnutama dalam siaran pers seperti dikutip Bisnis.com, Selasa (28/7/2020).

Dia menambahkan pariwisata adalah bisnis kepercayaan. Para pelaku sektor pariwisata, termasuk pengelola objek wisata di Bali, dan ekonomi kreatif harus dapat menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan telah membentuk dua tim yang masing-masing berfokus pada penanganan serta percepatan pemulihan ekonomi atas dampak Covid-19.

Geger! Mayat Pria Bersimbah Darah Tergeletak di Emper Rumah Warga Sragen

Aktivitas Masyarakat Mulai Normal

Saat ini situasi sudah mulai kondusif. Lantaran itu, upaya untuk percepatan pemulihan ekonomi akan segera dilakukan. Pada 9 Juli 2020, Bali telah membuka tahapan pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat secara bertahap dan terbatas.

Masyarakat Bali telah kembali melakukan aktivitas kecuali di sektor pendidikan dan pariwisata. Tahap berikutnya objek wisata di Bali dibuka untuk wisatawan nusantara.

"Tahap kedua akan dilakukan pada 31 Juli 2020, aktivitas pariwisata dibuka, tetapi hanya untuk wisatawan nusantara. Kami telah menyiapkan dengan baik bersama para pihak pelaku usaha pariwisata serta atas kesepakatan bupati dan wali kota," kata Koster.

Alamaak! Harga Emas Antam Tembus Rp1 Juta per Gram

Selanjutnya untuk tahap ketiga, direncanakan akan dilakukan pada 11 September 2020 dengan membuka objek wisata di Bali secara penuh. Bali juga sudah mulai membuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara.

Pemerintah Provinsi Bali telah mengeluarkan Surat Edaran No. 3355/2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru di Sektor Fasilitas Umum. Khususnya di sektor pariwisata untuk dapat mengikuti protokol serta menyiapkan diri dengan melakukan assessment.

“Pelaku usaha yang telah siap akan diberi sertifikat dan kami pantau secara ketat agar dapat berjalan dengan tertib dan disiplin. Jika pelaksanaan tidak sesuai dengan komitmen, maka perusahaan tersebut akan dihentikan untuk melaksanakan aktivitas usahanya,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya