Tutup Iklan

Obat Palsu di Jakarta Timur Bikin Kecanduan & Rusak Mental

Obat Palsu di Jakarta Timur Bikin Kecanduan & Rusak Mental

SOLOPOS.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menunjukan cara pembuatan jamu palsu saat pengungkapan pembuatan dan penjualan obat-jamu palsu, di Pergudangan Central Cakung, Jakarta, Jumat (28/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Obat palsu yang dibongkar di Cakung, Jakarta Timur, bisa menimbulkan kecanduan dan merusak mental.

Solopos.com, JAKARTA — Kunjungan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan dengan jajaran Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya beserta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ke pabrik obat palsu di Cakung, Jakarta Timur, mengungkap produksi jutaan butir obat oplosan. Belakangan, obat-obat itu diketahui bisa menimbulkan kecanduan.

Di antara ribuan butir obat yang dipalsukan tersebut, terdapat dua jenis obat yang termasuk dalam kategori obat keras, yakni tramadol dan pramadol. Menurut Deputi 2 Pengawasan Obat Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM, Ondri Dwi Sampurno, kedua obat tersebut mengandung zat analgesik yang kuat.

“Tramadol itu masuk pada golongan obat-obatan tertentu yang kalau dosisnya dinaikkan sedikit dia akan menimbulkan ketergantungan” katanya pada Jumat (28/10/2016). Baca jugfa: Obat Palsu di Jakarta Timur Didominasi Obat Kuat Pria.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kedua obat tersebut sebenarnya termasuk penghilang rasa nyeri atau sakit. Namun, ketidaksesuaian dosis atau menaikkan dosis dapat menimbulkan ketergantungan. Lebih parah lagi, dosis berlebih itu berisiko merubah perilaku dan mental seseorang karena sistem kerja obat yang melibatkan saraf pusat

“Kami informasikan ini yang sering disalahgunakan oleh generasi muda. Jadi Pramadol dan Tramadol itu masuk obat-obat tertentu. Itu bukan psychotropic atau narkotik tetapi mempunyai efek menimbulkan ketergantungan dan bisa merubah perilaku seseorang,” tegasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.