SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Obat ilegal racikan tukang obat keliling dianggap ilegal oleh polisi Madiun.

Solopos.com, MADIUN — Petugas Satuan Resnarkoba Polres Madiun, Jawa Timur, Jumat (19/6/2015), menangkap seorang peracik obat keliling yang tidak memiliki izin edar dan latar belakang pendidikan farmasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

KBO Resnarkoba Polres Madiun Ipda Gaguk Widodo, Jumat, mengatakan tersangka adalah Marsam Hari, 58, warga Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. “Hasil pemeriksaan, tersangka bukan lulusan farmasi dan hanya lulusan SD. Ia meracik obat-obatan untuk dijual ke masyarakat,” ujar Ipda Gaguk kepada wartawan.

Menurut dia, tersangka ditangkap petugas Resnarkoba Polres Madiun saat membuka usahanya di Dusun Mojo, Desa Suluk, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Meski sudah memiliki stempel dari perangkat dan pejabat desa setempat, tetap saja yang dilakukan tersangka menyalahi aturan kesehatan dan dapat merugikan masyarakat.

“Dari tersangka, petugas mengamankan ribuan butir obat-obatan dalam bentuk pil dan kapsul dengan jenis mencapai 50 jenis obat lebih,” kata dia.

Dibeli di Apotek
Sesuai keterangan tersangka, obat-obat yang diraciknya tersebut dibeli dari apotik. Ia sengaja membeli obat dalam satu kemasan kaleng penuh agar mendapatkan petunjuk pemakaian yang tercantum pada kaleng tersebut.

Sementara itu, tersangka Marsam Hari mengaku meski hanya lulusan SD namun ia paham dan tahu khasiat dari masing-masing obat yang diraciknya. Apalagi pekerjaan tersebut sudah ia lakoni sejak tahun 1980-an.

“Saya tidak sekolah farmasi dan kedokteran. Saya lulusan SD, tapi tahu semua obat yang saya racik. Sebab ada petunjuknya saat membeli obat, agar tidak keliru melayani konsumen,” kata tersangka Marsam.

Ke Berbagai Daerah
Sebelum ditangkap di Kabupaten Madiun, tersangka Marsam Hari sudah pernah meracik obat di sejumlah wilayah, di antaranya Bojonegoro, Blitar, Jombang, dan daerah lainnya di Jawa Timur. “Sejak berjualan keliling di Bojonegoro, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Pacitan, Jombang, dan sejumlah wilayah lainnya, baru kali ini saya ditangkap polisi,” terang Marsam.

Rata-rata, satu paket obat racikannya dijual ke konsumen antara Rp10.000 sampai Rp50.000 per paket racikan. Kondisi itu tergantung sakit yang diderita calon pembelinya. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan UU No. 36/2006 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara hingga 15 tahun.

 

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya