SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Penderita alergi akan bereaksi terhadap alergen atau pemicu alergi saat kondisi kekebalan tubuhnya menurun. Kekebalan tubuh untuk menghindari munculnya alergi bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh hijau setiap hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi teh hijau setiap hari merupakan cara paling sederhana untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Pemerhati tanaman herbal, Sidik Raharjo menyampaikan, meningkanya sistem kekebalan tubuh bisa menangkal munculnya alergi tubuh pada alergen. “Soalnya, alergi itu akan menyerang ketika tubuh lemah, makanya jaga kondisi agar kekebalan tubuh terjaga,” katanya, Senin (25/6).

Adapun ketika daya tahan tubuh menurun, tubuh akan mudah terserang penyakit. Terlebih bagi yang beraktivitas di dalam ruang ber-AC atau pekerja lapangan yang terpapar udara bebas. Dalam kondisi daya tahan tubuh menurun itulah radikal bebas sebagai agen infeksi maupun racun akan mudah menembus pertahanan tubuh.

Menurutnya, salah satu produk tanaman herbal yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh yakni teh hijau dan juga teh hitam. Teh yang dimaksud yakni olahan teh hijau yang dikeringkan dan langsung diseduh dengan air panas. Teh seduhan itu menghasilkan antioksidan yang akan larut dalam air panas.

Sumber Antioksidan
Teh merupakan bahan minuman alami yang sangat populer di masyarakat. Sidik menerangkan, kandungan flavonoid dalam teh merupakan antioksidan yang bersifat menurunkan potensi kanker (antikarsinogenik) dan menurunkan kadar kolesterol darah (hipokolesterolemik).

Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. “Sebenarnya banyak manfaat teh karena memiliki kandungan antioksidan, setidaknya bagus juga untuk kesehatan kulit dan rambut,” kata Sidik.

Di samping itu, manfaat lain dari teh hijau antara lain mampu memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, dan melancarkan sirkulasi darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya