SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Di sepanjang Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo berjajar belasan toko obat herbal yang sebagian besar pedagangnya adalah warga keturunan Arab. Tak heran, barang dagangan mereka, termasuk obat herbal, sebagian diimpor dari Arab. Salah satunya di toko milik Ismail yang menjajakan puluhan jenis obat herbal.

Dua jenis obat herbal yang paling laris yaitu madu dan habbatussauda. Kedua jenis obat herbal ini, kata Ismail, dipercaya mengatasi banyak penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dua jenis ini memang sudah jadi obat herbal turun-temurun, bahkan hingga sejak Nabi Muhammad SAW pun sudah ada pengobatan habbatussauda,” tutur Ismail saat ditemui Espos di tokonya, Selasa (13/3). Dua macam obat herbal tersebut mampu menangkal berbagai macam penyakit seperti rematik, asam urat, peradangan, migrain, eksim, alergi dan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar.

Ekspedisi Mudik 2024

Habbatussauda berasal dari semenanjung Arab yang diambil dari biji bunga dengan nama yang sama. Tanaman tersebut hanya tumbuh di kawasan tersebut sehingga produk yang Ismail jual adalah barang impor. “Barang impor tapi dikemas di dalam negeri,” tambah dia.

Kelebihan obat herbal di antaranya tidak memiliki efek samping pada tubuh dan dapat dikonsumsi rutin meski tubuh tidak dalam kondisi sakit. Untuk poin terakhir, ada beberapa obat herbal yang sebaiknya dihentikan konsumsinya setelah dinyatakan sembuh. Petunjuk pemakaiannya tertera di botol. “Mengonsumsi habbatussauda dua kali sehari masing-masing dua kapsul. Bagi yang sakit kronis tiga kapsul tiga kali sehari,” dia memberi petunjuk.

Selain produk asal Arab, ada juga obat herbal yang bahannya asli dalam negeri. Misalnya Kapsul Herbal Sariawan, Kapsul Herbal Daun Sirsak, Kapsul Herbal Kunir Putih, Kapsul Herbal Gamat Emas dan lainnya. Kapsul Herbal Sariawan dapat mengobati sariawan dan panas dalam. Kapsul Herbal Daun Sirsak untuk menurunkan tekanan darah, Kapsul Herbal Kunir Putih bisa mengobati keputihan dan mencegah kanker rahim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya