SOLOPOS.COM - ilustrasi (id.wikipedia.org)

ilustrasi (id.wikipedia.org)

Selama ini masyarakat belum banyak memanfaatkan lobak sebagai konsumsi sehari-hari. Alasannya karena lobak rasanya agak pedas dan baunya tajam. Tetapi, kandungan asiri sayuran itu patut dicoba sebagai penetral racun rokok di dalam tubuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Herbalis di Condongcatur, Depk, Sleman, Martanto mengatakan, tanaman yang memiliki nama latin Raphanus sativus ini termasuk jenis tanaman musiman. “Banyak orang bingung mau buat apa, kalau susah bisa buat obat kesehatan,” katanya kepada Harian Jogja, Rabu (29/8).

Batang lunak berbentuk umbi bewarna putih pucat itu sebelumnya telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal di China terkait beberapa jenis penyakit. Lobak merupakan sayuran rendah kalori yang tidak mengandung lemak. Bahkan, bagus juga untuk menghilangkan lemak di tubuh.

Menurut Martanto, kandungan utama lobak yaitu serat makanan yang bisa membangkitkan energi. Meski mengandung serat tinggi dan rasa kurang sedap, sayur mirip wortel itu juga mengandung vitamin C. “Nah vitamin C itu yang dapat membantu menetralkan racun seperti endapan asap rokok dalam tubuh karena lobak ada minyak asirinya,” kata Tanto.

Kerja lobak dalam menetralkan didukung banyak senyawa yang dikandung seperti antioksidan vitamin C dan asiri yang bersifat membersikan. Cara menetralkan racun rokok yakni dengan meminum air perasan lobak setiap tiga bulan sekali.

Lobak juga dipercaya melancarkan sistem pernafasan, mencegah infeksi dan alergi. Selain itu kandungan vitamin C yang dimiliki juga memiliki fungsi menjaga tubuh dari serangan flu hingga penyakit seperti diabetes dan jantung.

Selain vitamin untuk kekebalan sistem tubuh itu, lobak juga mengandung senyawa lain di antaranya vitamin K, B6, niasin, asam folat dan pantotenat. Sayuran itu juga memiliki kandungan mineral meski kadarnya tidak banyak.

Sementara, terapis pijat herbal, Putri Kurniawan menuturkan, mengonsumsi lobak secara rutin dipercaya juga untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan vitamin C lobak bekerja sebagai antioksidan dan dapat menghambat senyawa melanin yang tidak aik untuk kulit.

Sedangkan sifatnya yang kaya serat, pedas dan berair memungkinkan juga sebagai pilihan sayur buah untuk variasi menu diet. “Makan lobak biasanya berpengaruh pada nafsu makan, jadi bisa untuk pelangsing,” katanya.

Khasiat Lobak untuk Kesehatan 

1. Mengatasi insomnia karena gangguan saraf

– Sediakan obak secukupnya dan air perasan jeruk nipis

– Keduanya dijus, hasilnya diminum sekaligus

– Dapat menenangkan saraf dan membuat seseorang mudah tidur

2. Batuk

– Sediakan lima lobak dan gula secukupnya

– Parut lobak lalu peras dan disaring, tambahkan gula secukupnya dan diamkan semalaman

– Minum ramuan endapan lobak sekali sehari sebanyak ramuan, ulangi selama tujuh hari

3. Nyeri perut

– Ambil lobak secukupnya, parut dan beri garam sedikit

– Letakkan parutan dalam suatu wadah dan diamkan sekitar lima jam

– Setelah itu saring air endapan lobak lalu minum air saringan lobak saat mau tidur

– Ulangi empay hingga lima hari berturut-turut



4. Cegukan dan tersedak

– Lobak dan jahe secukupnya dijus

– Tambah madu dan tuangkan ke dalam air panas secukupnya

– Minum sekaligus, lakukan sehari satu kali

5. Dingin dan ingusan

– Satu umbi lobak dipotong-potong dan dijus dengan air secukupnya

– Diminum sekaligus satu jam sebelum sarapan

6. Serak dan tenggorokan gatal

– Lobak dan 20 gram gula putih diblender dengan air secukupnya

– Diminum sekaligus, serak akan berkurang dan hilang

Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya