SOLOPOS.COM - ilustrasi (tipskesehatan.web.id)

ilustrasi (tipskesehatan.web.id)

Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas ini bisa membantu menyembuhkan mata minus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut pemerhati obat herbal, Retno Dewi, daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan antijamur.

“Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya bisa mengangkat kotoran di mata dan mengurangi mata pedih. Jika perawatan dilakukan teratur akan menghilangkan mata minus,” ujar dia di daerah Pugeran, Pojok Beteng Barat Jogja, Selasa (31/7).

Penggunaannya tidaklah rumit yakni dengan melipat lembar daun sirih tua yang lebar menjadi empat lipatan. Bagian yang berbentuk tulang berada di luar. Setelah itu, daun sirih ditempel di mata dengan plester dan biarkan semalaman.

Cara tersebut memang sebaiknya dilakukan pada malam hari dan untuk mengangkat kotoran yang ada pada mata. Untuk mengurangi hingga minus mata berkurang tentu saja dilakukan secara berulang dan tidak sama efeknya bagi setiap orang.

Meski manfaat sirih bisa melemaskan otot-otot mata, namun untuk mengurangi minus bisa disertakan pemijatan khusus pada sekitar saraf mata. “Biasanya untuk yang ahli totok akan melakukan akupressure di area mata, dilakukan melingkar dan hati-hati karena berhubungan dengan saraf,” terang dia.

Penggunaan daun sirih sebaiknya untuk mata minusnya masih kecil, maksimal minus tiga. Adapun untuk minus lebih dari itu selain ditotok juga disertakan obat tetes herbal yang menurut Retno khasiatnya sudah banyak dibuktikan.

Terapis totok, Ningsih, mengatakan, gangguan pada mata minus memang bisa disembuhkan dengan totok di sekitar area mata. Di samping itu, penanganan alami juga dilakukan dengan rajin melakukan pemijatan tertentu di area bawah mata. “Kalau matanya minus biasanya ditekan sangat sakit, tapi menekannya juga ada cara tersendiri tidak asal-asalan,” ujar tukang totok rumahan ini.

Selebihnya, kata dia, mata minus memang harus dilatih untuk melihat lingkungan sekitar tanpa mengenakan kacamata. Terlebih pada pagi dan sore hari dengan melihat tumbuh-tumbuhan hijau dan udara yang bersih. Cara tersebut, lanjutnya, selain untuk melatih kepekaan mata juga merawat mata agar tetap sehat dan memiliki respons yang baik pada warna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya