SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia 9 November.

Obama akan berpidato di depan warga Indonesia. Universitas Indonesia (UI) dipilih sebagai tempat public speech itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang jelas ada kunjungan kenegaraan, bilateral meeting, dinner pasti, dan public speech pasti di UI. Terus rencananya seperti itu sekarang,” ujar Menko Polhukam Djoko Suyanto di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (2/11).

Sedangkan kunjungan ke SDN Menteng 1 atau SD Besuki di mana Obama pernah sekolah selama 3 tahun, kemungkinan dibatalkan. Kunjungan Obama kali ini dipersingkat dari sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam 2 jadwal kunjungan Obama yang batal, Obama dijadwalkan akan 3 hari mengunjungi Indonesia. Kali ini Obama hanya dijadwalkan sehari-semalam bersama istrinya.

“Nggak, kelihatan tidak ada waktunya, karena datang sudah sore dan siangnya sudah kembali lagi,” jelas Djoko ketika ditanya.

Segala persiapan kedatangan Obama, lanjut Djoko, sudah disiapkan sejak bulan Maret dan Juli 2010 lalu. Hingga sekarang, persiapan itu tinggal melakukan review dari persiapan kunjungan Obama yang batal sebelumnya.

“Rapat pendahuluan sudah fix. Jadi mudah-mudahan tidak di-cancel lagi,” harap dia.

Sebelumnya diberitakan Obama akan berpidato di depan publik di luar ruangan. Namun rencana itu sepertinya akan dibatalkan.

“Belum bisa diputuskan apakah di dalam atau di luar ruangan, tapi tampaknya di dalam ruangan,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Luar Negeri, Teuku Faizasyah di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (2/11).

Namun Faizasyah membantah tidak berlangsungnya pidato Obama di ruangan terbuka karena alasan keamanan.

“Karena kalau di dalam lebih terkontrol dalam segi pengelolaan, apalagi cuaca yang hujan, tidak hujan,” imbuh Faizasyah.

Dia menambahkan, rencananya Presiden Obama akan berpidato di depan ribuan massa. Sehingga jika pidato akan berlangsung di dalam ruangan, dibutuhkan ruangan yang berkapasitas besar.

“Dari hasil pertemuan yang saya ikuti, Presiden Obama akan pidato di depan 10.000-an orang,” ungkapnya.

Tempat di UI yang bisa menampung ribuan orang adalah gedung Balairung UI. Tempat ini setiap tahun digunakan untuk acara wisuda.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya