SOLOPOS.COM - Ilustrasi (tntmagazine.com)

Ilustrasi (tntmagazine.com)

KARANGANYAR – Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Karanganyar untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng terpaksa meminjam dana dari pihak ketiga. Pasalnya, mereka belum menerima anggaran untuk membiayai Pilgub Jateng yang direncanakan diselenggarakan Mei mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panwaskab Karanganyar, Dwi Joko Mulyono, mengaku pihaknya belum menerima anggaran untuk membiayai operasional para pengurus Panwaskab Karanganyar termasuk perekrutan Panwas di tingkat kecamatan. Padahal mereka telah dilantik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng pada 12 November 2012 lalu. “Terus terang, kami belum menerima dana sepeser pun untuk membiayai operasional Panwas termasuk di setiap kecamatan,” katanya saat ditemui wartawan, Rabu (28/11).

Selama ini, para anggota Panwaskab terpaksa merogoh kocek pribadi untuk menutup biaya operasional. Sebagian anggota lainnya meminjam uang pada pihak ketiga untuk membiayai operasional Panwaskab. Menurutnya, Panwaskab telah melaksanakan beberapa agenda kegiatan seperti perekrutan Panwas di tingkat kecamatan serta verifikasi faktual partai politik (parpol) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. “Kami terpaksa meminjam pada orang lain, ada juga yang menggunakan uang pribadi untuk membiayai operasional setiap agenda kegiatan,” paparnya.

Saat ini, sekretariat Panwaskab Karanganyar menempati salah ruangan di Kantor Kesbanglimas Karanganyar. Pihaknya meminta agar Pemprov Jateng segera mengucurkan anggaran yang digunakan untuk membiayai agenda kegiatan.

Sementara itu, Sekda Karanganyar, Samsi, menyatakan Panwaskab Karanganyar memang belum mendapatkan anggaran untuk membiayai kegiatan menjelang penyelenggaraan Pilgub Jateng. Anggaran tersebut berasal dari Bawaslu Jateng yang digelontorkan ke setiap Panwaskab di wilayah Jateng. Soal sekretariat Panwaskab, Samsi menjelaskan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para anggota Panwaskab beberapa pekan lalu. Hasilnya, sekretariat Panwaskab Karanganyar menempati salah satu ruangan di Kantor Kesbanglimas Karanganyar. pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) Bupati Karanganyar mengenai penempatan sekretariat tersebut. “Anggarannya berasal dari Pemprov Jateng bukan Pemkab Karanganyar karena agendanya Pilgub Jateng. Mungkin awal Desember, SK Bupati mengenai sekretariat sudah terbit,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya