SOLOPOS.COM - Kadwes Sendang, Wonogiri, Sukamto. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI - Sukamto, Kepala Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri memiliki hobi yang banyak dijalani kalangan muda sekarang, yakni membuat vidoe blog (vlog). Hampir setiap hari kades pemilik nama lengkap Sukamto Priyo Wiyoto itu ngevlog.

Hal apa saja bisa dijadikannya bahan ngevlog. Bertemu dengan sesama kades, bertemu pejabat, menerima tamu di kantor, dan bertemu wartawan pun bisa dijadikannya materi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Suami Sri Mulyani, 41, itu mengaku mulai hobi ngevlog sejak ditunjuk menjadi Direktur Badan Usaha Milik (BUM) Desa Sendang Pinilih. Saat itu dia mulai aktif membikin vlog untuk mempromosikan objek wisata alam yang dikelola BUM desa, yakni Watu Cenik, Puncak Joglo (landasan paralayang dan gantole), dan Menara Pandang Soko Gunung.

Ini Kronologi Seorang ABK Asal Ceper Klaten Positif Covid-19

Menurut Sukamto medium itu efektif digunakan sebagai ajang promosi. Materi vlog saat itu seputar tempat wisata, seperti terkait wahana, berbagai fasilitas, kegiatan di objek wisata, meminta tanggapan pengunjung, dan sebagainya.

Setelah menjadi kades, 2018 lalu, Sukamto semakin giat ngevlog. Medium itu tetap dia gunakan untuk mempromosikan objek wisata desa atau memberi informasi terbaru terkait objek wisata. Selain itu untuk mempublikasikan kebijakan pemerintah desa, kegiatan kades/perangkat desa di desa maupun luar desa, realisasi program desa, dan lainnya.

Polresta Solo Lanjutkan Rapid Test Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

Bahkan, suasana kantor desa pun kerap diabadikannya dalam vlog. Sukamto menyebut vlog tersebut sebagai bentuk pertanggungjawabannya kepada warga Sendang khususnya dan publik umumnya atas program yang dilaksanakannya. Vlog itu untuk menunjukkan bahwa dirinya transparan.

“Vlog biasanya saya unggah di berbagai grup Facebook, Facebook pribadi, Instagram desa, dan Twitter desa. Mengikuti tuntutan zaman lah. Sekarang ini semua serba medsos [media sosial],” ucap bapak tiga anak itu saat ditemui di Sendang, Rabu (3/6/2020).

Bukan Pencitraan

Pria 46 tahun itu merasa ada yang bilang dirinya ngevlog untuk pencitraan. Dia tak mempermasalah pendapat itu Dia memastikan vlog yang dibuatnya semata-mata untuk kepentingan publikasi dan hiburan.

Dia menceritakan sebelum berkecimpung di kegiatan desa, dia merupakan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Wonogiri. Dia aktif mengawasi realisasi program Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan desa-desa.

13 Provinsi Laporkan Penurunan Kasus Baru Positif Covid-19

Suatu ketika Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang menunjuknya sebagai Direktur BUM Desa Sendang Pinilih. Saat ada pemilihan kades (pilkades) dia mencalonkan diri. Dia pun memenangi kontestasi tersebut. “Dengan menjadi kades insyaallah saya bisa memberi manfaat lebih besar untuk masyarakat,” ulas Sukamto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya