Tutup Iklan

Nyaris Semua Kelurahan di Kota Madiun Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 90 persen dari 27 kelurahan di Kota Madiun, Jawa Timur, merupakan daerah endemis demam berdarah (DB). Endemis DB dapat dipicu oleh mobilitas warga Kota Madiun yang cukup tinggi.

Nyaris Semua Kelurahan di Kota Madiun Endemis Demam Berdarah

SOLOPOS.COM - ilustrasi demam berdarah. (Solopos-Dok)

Solopos.com, MADIUN -- Sebanyak 90 persen dari 27 kelurahan di Kota Madiun, Jawa Timur, merupakan daerah endemis demam berdarah (DB). Endemis DB dapat dipicu oleh mobilitas warga Kota Madiun yang cukup tinggi.

"Suatu wilayah dikatakan endemis jika tiga tahun berturut-turut ditemukan penderita DB," ujar Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun, dr. Agung Sulistya Wardani, di Madiun, Sabtu (19/1/2019).

Data Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun mencatat selama dua pekan awal 2019, sudah terdapat enam warga Madiun yang terserang penyakit demam berdarah.

Dia menambahkan banyak warga Kota Madiun yang berpindah antarkelurahan atau bahkan antarkota. Hal itu juga berpengaruh seseorang bisa terkena suatu penyakit, termasuk DB.

Karena hampir semua kelurahan di Kota Madiun endemis DB, maka pihaknya intensif memberikan peringatan kepada masyarakat melalui lurah dan camat untuk meningkatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di semua tempat penampungan air.

Pihaknya juga mengaktifkan kader juru pemantau jentik (jumantik) dan membagikan bubuk abate secara gratis ke warga Madiun.

Lebih lanjut, Wardani, sapaan akrab Agung Sulistya Wardani, juga mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Misalnya, membuang sampah apa pun pada tempatnya. Terutama sampah botol ataupun wadah yang bisa menimbulkan genangan air hujan. Sebab, hal itu dapat memicu tempat perindukan nyamuk penyebar virus DB," jelas dia.

Pihaknya juga melakukan fogging atau pengasapan guna memberantas penyebaran nyamuk dewasa penyebar penyakit DB di wilayahnya.

Ia menambahkan, hujan yang terus mengguyur selama beberapa hari terakhir juga berpotensi membuat daya tahan tubuh makin lemah. Hal itu berdampak pada berbagai penyakit yang mudah menyerang, termasuk penyakit DB.

"Selain menerapkan PHBS, kebersihan lingkungan tempat tinggal juga perlu diperhatikan untuk mencegah sakit, termasuk DB," kata dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Berita Terkait

Berita Terkini

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.