SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau gerobak wedangan seusai meresmikan Taman Rezeki Muara Sejahtera dan Sentra Wedangan Demang Toenthoer di halaman parkir Pasar Burung dan Ikan Hiasan Depok, Solo, Kamis (24/3/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi Kota Solo sebelum Ramadan, Kamis (24/3/2022).

Airlangga menggelar ziarah ke makam keluarga besarnya di Pasarean Nayu, Astana Oetara, Mangkunegaran, Solo.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

Baca Juga: Diresmikan Airlangga Hartarto, Ada Apa Saja di Sentra Wedangan Solo?

Trafdisi ziarah ini dilakukan sebelum memasuki Ramadan. Dalam tradisi Jawa, khususnya Jawa Tengah, ritual yang tak luput digelar sebelum memasuki bulan suci Ramadan adalah membersihkan makam leluhur. Tradisi ini disebut Sadranan, atau Nyadran.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tidak setiap hari, inikah bertepatan dengan Nyadran kalau di Solo dan sekitarnya. Ziarah, mendoakan, atau membersihkan makam, sekaligus mengingat leluhur kita,” tutur Airlangga, Jumat (25/3/2022).

Ketua Umum Partai Golkar ini tak mengizinkan banyak rombongan ikut ke makam leluhurnya. “Kan biar tidak ramai-ramai saja, saya juga butuh khusyuk ziarahnya. Pesan saya, yang penting, kita sebagai generasi saat ini tidak lupa bahwa kita punya leluhur, mereka yang sudah berjuang di zamannya. Kita kirim doa terus untuk para leluhur kita,” tambahnya.

Baca Juga: Kata Airlangga Hartarto, Solo Terbuat dari Rindu, Kenangan dan Wedangan

Selain di Makam Astana Oetara, Airlangga juga memiliki keluarga besar yang dimakamkan di kompleks makam Kiai Ageng Gribig di Klaten.
Airlangga diketahui masih memiliki darah keturunan dari Kiai besar yang menyebarkan Islam di wilayah Jatinom, Klaten. Tahun lalu, Airlangga dua kali ziarah ke Makam Kiai Ageng Gribig di Jatinom.

Juru kunci makam Astana Oetara R.M. Hariyanto menyampaikan leluhur dari Airlangga memang dimakamkan di Astana Oetara.

“Kakeknya Pak Airlangga itu kan dulunya jaksa di Mangkunegaran saat zamannya Mangkunegara VI. Kemudian beliau dimakamkan di Astana Oetara ini,” kata Hariyanto.

Setelah ziarah di Astana Oetara, Airlangga meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer di kawasan Balekambang, Solo.

Baca Juga: Menteri Airlangga Hartarto Resmikan Sentra Wedangan Toenthoer di Solo

Sentra Wedangan ini merupakan pusat kuliner wedangan atau Hik yang berada di kawasan pasar burung di Balekambang.

Airlangga ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka selama kunjungan kerja di Solo. Putra Sulung Presiden Joko Widodo itu mendampingi sejak kedatangan Airlangga di Solo hingga meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya