SOLOPOS.COM - Nutmeg calon kucing tertua di dunia (North News)

Kucing berusia 31 tahun setara dengan 141 tahun waktu kucing.

Solopos.com, BLAYDON – Nutmeg, kucing domestik yang tinggal bersama pemiliknya di Blaydon, Inggris memiliki kesempatan untuk menjadi kucing hidup tertua di dunia. Sekarang, Ian Finlay, 66, dan Liz, 62, pemilik Nutmeg sedang melakukan verifikasi usia kucing peliharaannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasangan suami istri Ian dan Liz menemukan Nutmeg di halaman belakang rumahnya pada 1990. Saat itu Nutmeg memiliki benjolan di lehernya, maka, Ian membawanya ke dokter hewan. Saat diperiksakan, dokter hewan menyebut Nutmeg kucing dewasa dengan usia kurang lebih 5 tahun. Jika perkiraan itu benar, tahun 2016 usia Nutmeg 31 tahun. Usia itu setara dengan 141 tahun waktu kucing.

“Kami merayakan ulang tahun Nutmeg setiap Maret, karena dulu ia ditemukan bulan Maret 1990,” ungkap Ian seperti dikutip Mirror, 28 Juni 2016.

Dilansir Boredpanda, Rabu (5/10/2016), tahun 2015 Nutmeg sempat menderita penyakit semacam stroke. Untungnya, penyakit itu bisa disembuhkan dan sekarang Nutmeg adalah kucing yang sehat.

“Sekarang ini Nutmeg tinggal memiliki tiga gigi. Meski demikian ia masih sangat suka daging ayam. Nutmeg akan berdiri di samping pintu kulkas saat lapar,” terang Ian.

Dengan perkiraan usia Nutmeg, ia bisa menjadi pemegang rekor kucing tertua di dunia yang masih hidup. Pemegang rekor kucing tertua yang masih hidup sekarang ini adalah Corduroy, kucing yang berusia 26 tahun atau setara dengan 121 tahun waktu kucing.

Jika saja, 5 tahun yang disebut dokter hewan saat pertama kali memeriksa Nutmeg tidak terbukti. Kucing dewasa biasa dihitung umur minimal dua tahun. Ditambah kebersamaan Nutmeg dengan Ian dan Liz selama 26 tahun, maka usia Nutmeg masih 28 tahun. Usia itu masih lebih tua dari Corduroy.

Rekor kucing tertua di dunia masih dipegang oleh Crème Puff, kucing asal Amerika serikat. Kucing tersebut meninggal pada usia 38 tahun 3 hari, setara dengan 168 tahun waktu kucing. Crème Puff meninggal pada tahun 2005.

“Kami menyambut baik data yang masuk tentang Nutmeg. Kami harap mereka segera bisa menemukan dokumen yang bisa mengonfirmasi usia Nutmeg. Sehingga capaian Nutmeg bisa disahkan,” terang juru bicara A Guinnes World Records Ltd.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya