SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Nuklir Korea Utara kembali akan diuji coba beberapa hari setelah menguji coba nuklir kelima.

Solopos.com, SEOUL – Setelah menguji coba nuklir kelima, Korea Utara dikabarkan bersiap melakukan uji coba nulir lain. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Senin (12/9/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Uji coba tambahan dapat dilakukan di sebuah terowongan yang bercabang dari terowongan kedua atau ketiga, tempat beberapa persiapan uji coba diselesaikan,” kata seorang juru bicara kementerian Moon Sang-Gyun sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari AFP.

Juru bicara itu menolak mengelaborasi, mengutip masalah-masalah intelijen, namun mengatakan militer Korea Selatan siaga penuh untuk merespons “uji coba nuklir lebih lanjut, peluncuran rudal balistik atau provokasi dari darat” oleh Korea Utara.

Mengutip seorang pejabat pemerintah yang tidak disebut namanya, kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mewartakan pada Senin bahwa Pyongyang telah menyelesaikan persiapan uji coba nuklir lain di dalam terowongan ketiga yang sebelumnya tidak terpakai di Punggye-ri.

Korea Utara melakukan uji coba nuklir pertamanya pada Oktober 2006 di terowongan pertama dan empat uji coba terakhir di terowongan kedua menurut Kementerian Pertahanan Seoul.

Dalam sebuah pernyataan tentang “keberhasilan” uji coba tersebut pada Jumat, Korea Utara berikrar mengambil “langkah-langkah lebih lanjut” untuk meningkatkan kekuatan serangan nuklirnya “dalam segi kualitas dan kuantitas.”

Hasil uji coba Jumat diperkirakan di 10 kiloton, hampir dua kali lebih besar dari hasil uji coba Pyongyang delapan bulan sebelumnya.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat sepakat menjalankan kebijakan penghukuman baru, bahkan meski lima set sanksi PBB sejak uji nuklir pertama gagal menghentikan kegiatan nuklir Korea Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya