SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Sekitar 20 gethek atau perahu dari bambu akan meluncur beriringan di sepanjang Sungai Bengawan  mulai dari Jembatan Mojo di Ngepung, Losari, Kelurahan Semanggi hingga menepi di Taman Ronggowarsito,  Pucangsawit dalam  festival gethek,  Minggu (20/11/2011) besok.

Dalam gelaran bertajuk  Bengawan Solo Gethek Festival puluhan orang dengan berbagai kostum akan berada di atas gethek-gethek tersebut, termasuk Walikota Solo Joko Widodo dan Wakil Walikota (Wawali), FX Hadi Rudyatmo yang akan tampil dalam busana khas Joko Tingkir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak hanya Jokowi dan Rudy yang akan tampil dalam busana tempo dulu. Seluruh peserta akan memakai kostum abad 18-19, baik yang tampil sebagai pedagang, nelayan, kostum orang Belanda, Bugis hingga kaum ningrat

Ekspedisi Mudik 2024

Iring-iringan gethek akan meluncur di air sepanjang 5 km secara pelan-pelan selama kurang lebih dua jam. Di Kelurahan Sewu, gethek Jokowi-Rudy akan berhenti sebentar untuk menerima apem dari warga yang pada waktu bersamaan juga tengah menggelar Kirab Apem Sew. Setelah itu, gethek Jokowi-Rudy akan melanjutkan perjalanan menyusul gethek lainnya sampai ke Taman Ronggowarsito.

Itulah sekilas gambaran berlangsungnya festival gethek yang untuk kali pertama akan digelar Pemkot Solo.  Menurut Ketua Panitia Bengawan Solo Gethek Festival, Ari Kristyono, acara tersebut akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan start di Jembatan Mojo.

“Ini merupakan event pertama yang digelar dan direncanakan akan menjadi agenda tahunan. Tujuannya untuk mengingatkan bahwa Sungai Bengawan Solo itu bukan sekadar tempat untuk membuang limbah. Tapi pada masa lalu sungai itu merupakan jalur lalu lintas perdagangan yang ramai,” jelas Ari, saat ditemui wartawan di Balaikota, Jumat (18/11).

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya