SOLOPOS.COM - Esemka jenis Rajawali (Foto: Dokumentasi)

Esemka jenis Rajawali (Foto: Dokumentasi)

SOLO—Esemka mobil rakitan siswa SMK di Solo sudah bisa dipesan masyarakat bulan depan, November. Tahun depan mobil ini akan diproduksi massal, menyusul turunnya Surat Uji Tipe (SUT) Esemka dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masyarakat yang berminat pun bisa memesan mobil itu mulai 10 November 2012. Wakil Walikota (Wawali) Solo, FX Hadi Rudyatmo, optimistis peluncuran resmi Esemka tinggal menunggu waktu. Keyakinan itu mencuat setelah dia mengetahui SUT atas Esemka Rajawali dan Esemka Bima resmi diterbitkan.

Sebelumnya, mobil keluaran PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) ini juga telah lolos uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong. ”Turunnya SUT bisa menjadi dasar pengurusan STNK. Kami optimistis tahun depan Esemka dapat diproduksi massal,” ujarnya di Balaikota, Selasa (16/10).

Menurut lelaki yang akrab disapa Rudy ini, produksi awal Esemka akan dimulai 200 unit per bulan. Sejauh ini, Rudy mencatat sudah ada 27.000-an pemesan Esemka Rajawali yang menunggu realisasi. Untuk semakin mengenalkan Esemka kepada masyarakat, pihaknya bersama PT SMK berencana menggelar pameran produk pada 10 November.

”Pamerannya akan digelar di Stadion Manahan. Di sana masyarakat bisa melihat detail spesifikasi Esemka Rajawali maupun Bima. Pesan langsung pun bisa,” tuturnya.

Spesifikasi Esemka Rajawali

Esemka Rajawali merupakan model SUV

Bermesin Esemka 1.5i,1.500 cc multi point injection 4 silinder

Mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 horse power(hp)

Awalnya Rajawali mampu menampung 7 orang, namun karena dipermak kini mampu menampung lima orang

16 Agustus 2012, Esemka berhasil melampaui nilai ambang batas Euro 2 dengan hasil CO = 1.544 g/km dan NOx+HC = 0,598 g/km

Sumber: Dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya