SOLOPOS.COM - Andrea Hirata meluncurkan novel Ayah (Detik.com)

Novel baru karya Andrea Hirata bertajuk Ayah resmi diluncurkan.

Solopos.com, SOLO— Novelis, Andrea Hirata meluncurkan novel teranyarnya bertajuk Ayah setelah 10 tahun lamanya vakum. Novel ke-9 ini masih mengambil setting di kampung halamannya Belitung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Novel ini bertema keluarga, persahabatan, dan juga cinta. Di peluncuran Ayah, Jumat (29/5/2015) sore hari ini, Andrea menceritakan mengenai di balik layar lahirnya Ayah.

“Saya merisetnya sampai enam tahun dan sebenarnya novel ini mau terbit empat tahun lalu. Seperti novel sebelumnya sama-sama menggunakan bahasa yang sederhana dan ceritanya juga sederhana,” ucapnya di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Jumat (29/5/2015).

Ayah menceritakan kisah antara ayah bernama Sabari bersama putranya Zorro. Sabari sangat mencintai putranya dan merencanakan berbagai rencana seperti pawai 17 Agustus, mengunjungi pasar malam, membelikannya mainan, ke masjid, mengajari puasa dan mengaji, dan lain-lain.

“Risetnya juga lumayan panjang dan ilmiah. Saya juga merasa kurang produktif. Selama 10 tahun baru 9 novel, seharusnya lebih,” kata Andrea Hirata sebagaimana diberitakan Detik.com.

Di kesempatan itu pula Andrea Hirata membagi tips suksesnya pada para penulis pemula yang baru akan memulai berkarya.

“Bermimpilah! Jangan mendahului nasibmu, jangan belum apa-apa bilang gak bisa,” kata Andrea Hirata.

Untuk menjadi penulis hebat, Andrea mengatakan, pertama, seseorang harus terus belajar karena menurutnya menjadi seorang penulis besar tidaklah boleh berenti belajar.

Andrea sendiri, mengaku tak pernah berhenti membaca. Dalam kurun tiga hari, Andrea mengharuskan dirinya membaca setidaknya satu judul novel. Beberapa novel yang dibacanya antara lain adalah karya Antonio Skármeta, Gabriel Garcia Marquez, Sapardi Joko Damono dan lain-lain.

“Tapi sebenarnya lebih penting dari menjadi seorang penulis yang baik adalah bagaimana menjadi orang yang baik,” katanya seperti dilansir Antara.com, Jumat (29/5/2015).

Sementara harga novel Ayah yang baru saja ia luncurkan dibanderol Rp74.000 dengan tebal 432 halaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya