SOLOPOS.COM - Asus X500ZE (Detik)

Notebook terbaru Asus X500ZE resmi meluncur dengan harga Rp7 jutaan.

Solopos.com, JAKARTA Notebook terbaru khusus gaming lazimnya dijual dengan harga yang mahal, biasanya di atas Rp15 juta. Namun, Asus X500ZE, yang punya spesifikasi mumpuni untuk bermain game, banderolnya cuma Rp7 jutaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana diberitakan Detik, Sabtu (28/11/2015), prosesor notebook terbaru Asus X500ZE menggunakan AMD FX-7600P quad core 2,7 GHz. Prosesor itu mempunyai 12 compute power yang clock speednya bisa ditingkatkan hingga 3,6 GHz. RAM-nya DDR3 4 GB dan bisa ditingkatkan hingga 16 GB dengan storage hardisk berkapasitas 1 TB.

Sektor GPU-nya menggunakan AMD Dual Graphic R5 M230 + R7 M270DX, yang mumpuni untuk memainkan game dengan frame rate cukup tinggi di layar 15,6 inci-nya yang beresolusi 1.366 x 768 piksel.

Kombinasi spek seperti itu membuat notebook terbaru Asus X550ZE bisa memainkan game masa kini seperti Need For Speed: Rivals, Battlefield 4 dan sejenisnya dengan frame rate yang cukup nyaman dipandang mata, berkisar di angka 30 fps.

Layarnya ini dibekali dengan software Asus Splendid yang membuat akurasi warnanya menjadi tinggi. Layaknya laptop besutan Asus lain, notebook terbaru X550ZE juga dilengkapi teknologi Sonic Master yang membuat speaker laptop tersebut bisa mengeluarkan suara yang merdu.

Asus Splendid ini akan menjadi teman terbaik bagi para fotografer karena membuat layarnya bisa menampilkan warna lebih akurat. Apalagi notebook terbaru X500ZE punya spek yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi favorit para fotografer seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Ketangguhan itu terlihat saat notebook terbaru asal Taiwan itu diuji menggunakan software PCMark 8 dari Futuremark. Skor yang didapat adalah 3740. Nilai itu sedikit di atas rata-rata skor acuan PCMark8 untuk Gaming Laptop yaitu 3613. Berdasar angka itu, notebook tersebut bisa digunakan untuk segala aktivitas pekerjaan.

Begitu juga untuk urusan mengedit video, ASUS X550Z bisa memfasilitasinya untuk kebutuhan dasar. Hasil benchmark menggunakan Cinebench R15 mendapati skor 22.84 FPS. Detail lainnya, untuk nilai CPU adalah 122 CB dan skor CPU single core mencapai 46 cb.

Aplikasi dasar untuk bekerja seperti Microsoft Office, atau browser dan sejenisnya tentu bukan masalah untuk X500ZE.

Segi konektivitasnya terbilang lengkap, ada port USB 3.0 yang membuat proses transfer data menjadi cepat, VGA, HDMI, audio jack, dan LAN port. Untuk yang masih sering menggunakan DVD, tenang saja, laptop ini dilengkapi dengan optical disk super-multi DVD.

Tak cuma port yang lengkap, jalur komunikasi nirkabel X500ZE terbilang lengkap. Ada WifI 802.11 b/g/n/WLAN yang ditemani dengan Bluetooth 4.0. Ada juga teknologi InstantON yang membuat X500ZE bisa dihidupkan dengan cepat dari mode sleep.

Desain notebook terbaru X550ZE ini disebut oleh Asus sebagai desain klasik yang tak lekang oleh waktu. Memang, apabila dilihat, notebook Asus tersebut mempunyai gaya desain yang sama dengan laptop Asus pada umumnya.

Bodi X550ZE memang tak kecil karena layarnya terbilang besar, namun tak bisa dibilang bongsor juga. Dengan ketebalan 2,51 cm, bobot X550ZE tak terlampau berat untuk notebook seukurannya, yaitu 2,26 kg. Alhasil notebook tersebut akan nyaman untuk digunakan dalam berbagai kegiatan.

Oh ya, notebook terbaru X500ZE dilengkapi dengan tombol numerical pad pada bagian kanan, sesuatu yang jarang ada pada notebook masa kini dengan ukuran layar di bawah 14 inci. Keyboardnya sendiri bertipe chiclet yang nyaman saat dipakai mengetik.

Touch pad besar dengan fitur smart gesture akan membuat pengguna nyaman saat mengoperasikan notebook terbaru Asus X500ZE. Kenyamanan itu ditambah dengan teknologi IceCool yang dibenamkan dalam Asus X550Z. Teknologi IceCool itu akan membuat area sekitar touchpad tetap adem meski digunakan dalam waktu lama.

Notebook Asus X500ZE dengan prosesor AMD FX-7600P quad core 2,7 GHz dibanderol dengan harga Rp7,6 juta saja. Ada juga varian dengan prosesor AMD A10 7400P yang spesifikasinya sedikit lebih rendah, dibanderol dengan harga Rp6,9 juta. Dua varian tersebut sama-sama dilengkapi dengan garansi selama dua tahun dari Asus, yang meliputi service dan sparepart.

Kalau butuh kemampuan lebih, kapasitas RAM bisa ditambah sampai 16 GB dengan komposisi 2 x 8 GB. Selain itu, untuk urusan daya tahan baterai notebook terbaru Asus mampu bertahan sampai tiga jam. Cukup untuk menjalankan berbagai aktivitas meski jauh dari colokan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya