Norwich & Sheffield Promosi ke Premier League
Norwich City (Reuters-Adam Holt).JPG

Solopos.com, NORWICH — Norwich City dan Sheffield United mengamankan tiket promosi otomatis ke Liga Premier Inggris musim depan setelah memetik kemenangan dalam pekan ke-45 Divisi Championship. Artinya, tinggal ada satu slot tersisa untuk promosi yang akan diperebutkan tim di posisi tiga hingga enam dengan sistem playoff.

Persaingan memperebutkan satu tiket tersisa bakal sengit karena masih ada enam tim yang berpeluang promosi melalui sistem playoff. Hingga pekan ke-45 atau satu laga jelang musim berakhir, Leeds United, West Bromwich Albion, Aston Villa dan Derby County masih aman di zona playoff.

Namun posisi Derby sebagai tim terakhir di zona playoff (peringkat enam) berpotensi digoyang Middlesbrough dan Bristol City. Meski masih menyisakan satu laga, Derby kini memiliki poin sama dengan Middlesbrough (70) dan hanya unggul selisih gol. Secara matematis, Bristol juga masih berpeluang merangsek zona playoff karena hanya terpaut empat poin dari Derby dengan dua laga di tangan.

Deretan klub ini rata-rata adalah klub tradisional yang punya sejarah di Liga Premier Inggris. Kiprah Leeds menjadi salah satu yang patut dinanti. Setelah degradasi di musim 2004, The Whites belum pernah kembali ke kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Padahal mereka sempat memiliki skuat dahsyat pada awal 2000-an yang berisi Harry Kewell, Alan Smith hingga Mark Viduka. Peraih dua gelar Liga Premier di era 1970-an, Derby County, juga menjaga asa untuk kembali berkibar di kasta tertinggi bersama pelatih muda, Frank Lampard.

Sementara itu, Norwich hanya butuh dua musim untuk kembali ke Liga Premier setelah terdegradasi pada 2015/2016. Kemenangan 2-1 atas Blackburn Rovers mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen, unggul tiga poin dari Sheffield United yang sama-sama telah memastikan promosi setelah Leeds hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Aston Villa.

Pelatih Norwich, Daniel Farke, mengatakan promosi ke Liga Premier merupakan momen kebahagiaan dan kebanggaan baginya. “Ini perasaan luar biasa. Championship bisa dibilang salah satu kompetisi tersulit di dunia. Setiap pertandingan adalah pertandingan sengit,” ujar Farke dilansir BBC, Minggu (28/4/2019).

The Canaries kini tengah menyiapkan parade menyambut promosi yang digelar 6 Mei mendatang di jalanan Kota Norwich. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom