Tutup Iklan

Nominee FFI 2018, Film Lakardowo Mencari Keadilan Diputar di Solo

Komunitas Solo Documentary (Sodoc) bakal menggelar pemutaran film dokumenter Lakardowo di Studio Kopi Daleme Eyang, Jl. Pajajaran Timur I No.10, Sumber, Sabtu (26/1/2019) malam. Lakardowo berkisah tentang perjuangan warga di Lakardowo, sebuah desa di Mojokerto yang terkena dampak pembuangan limbah secara ilegal oleh PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA).

Nominee FFI 2018, Film Lakardowo Mencari Keadilan Diputar di Solo

SOLOPOS.COM - Poster film Lakardowo Mencari Keadilan (Paradoc Production)

Solopos.com, SOLO — Komunitas Solo Documentary (Sodoc) bakal menggelar pemutaran film dokumenter Lakardowo Mencari Keadilan di Studio Kopi Daleme Eyang, Jl. Pajajaran Timur I No.10, Sumber, Sabtu (26/1/2019) malam. Lakardowo berkisah tentang perjuangan warga di Lakardowo, sebuah desa di Mojokerto yang terkena dampak pembuangan limbah secara ilegal oleh PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA).

Lakardowo Mencari Keadilan bukan film dokumenter biasa. Film dokumenter karya sutradara Linda Nursanti ini masuk dalam daftar nominee Festival Film Indonesia (FFI) kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik bersama Nyanyian Akar Rumput dan Semesta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (26/1/2019) malam, pemutaran film itu bekerja sama dengan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Solo dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo.

Sekjen PPMI Solo, Taufik Nandito, mengatakan film Lakardowo merupakan gambaran gamblang perlawanan warga atas pencemaran lingkungan yang dilakukan PT PRIA. Industri tersebut, imbuhnya, secara masif mengeluarkan limbah-limbah yang mencari sumur-sumur warga serta tanah sekitar pabrik. “Ironisnya, pemerintah lambat menangani perkara ini,” ujar Taufik dalam keterangan tertulis.

Taufik menambahkan kasus di Desa Lakardowo adalah satu dari banyak kasus pencemaran lingkungan yang gagal ditangani pemerintah. Jalur non-litigasi melalui demo dan aksi massa akhirnya menjadi jalan terakhir yang harus ditempuh rakyat untuk memperjuangkan haknya.

“Di pemutaran film nanti, kami juga membuka donasi yang akan kami salurkan bagi perjuangan masyarakat setempat,” ujar Taufik.

Perjuangan warga setempat untuk menghentikan pencemaran lingkungan itu telah mendapatkan perhatian secara nasional. Misalnya pada Senin (13/8/2018) lalu, sejumlah perempuan yang tergabung dalam Gerakan Perempuan Lakardowo Mandiri atau Green Woman menggelar aksi duduk dan diam di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Jl Pahlawan, Surabaya.

Dilansir VOA Indonesia, aksi ini sebagai bentuk protes dan desakan kepada Gubernur Jawa Timur agar membantu penyelesaian kasus limbah B3 yang mencemari desa mereka. Sambil memegang bendera Merah Putih, para perempuan dari Desa Lakardowo ini menyuarakan tuntutannya melalui tulisan pada karton-karton yang digantungkan di dada mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.