Tutup Iklan

Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model.

 Noldy Topan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Noldy Topan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Nama Noldy Topan menjadi viral lantaran berbisnis tanaman sultan dan kerap muncul di channel Youtube para artis. Gelar Best Of The Best dalam ajang Aroid Nasional  membuat harga tanaman koleksinya meroket hingga Rp1,6 miliar. Wah!

Tanaman hias yang dijual Noldy Topan jelas kelas sultan lantaran harganya yang fantastis. Bahkan tak sedikit artis sebut saja Irfan Hakim, Nirina Zubir, hingga Soimah berburu dan berguru kepada pria kelahiran Palu, Sulawesi Tengah ini.

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model. Hal itu terungkap dalam Trans TV Official berjudul Jual Tanaman, Noldy Topan Raup Keuntungan Rp1 M Lebih Perbulan seperti dikutip Solopos.com pada Selasa (14/9/2021).

“Dulu pernah punya agency model gabung ama teman. Kalau bisnis tanaman justru orang tua saya duluan yang mulai di Palu. Saya nyariin di sini trus saya kirim ke Palu,” beber pria yang kini mengekspor tanaman hingga ke Thailand, Korea, dan Kanada itu.

Baca Juga: Warga Solo Rela Beli Rp225 Juta, Ini Alasan Harga Monstera King Variegata Selangit

Orang tuanya pun kerap meminta dirinya untuk terus ‘berburu’ beberapa jenis tanaman hias baik sebagai koleksi maupun memenuhi permintaan sesama pecinta tanaman hias.

“Dari situ dapet macam-macam tanaman hias. Melewati musim tanaman hias dari Philodendron ke Euphorbia, lalu ada Aglaonema, Anthurium, saya ngikutin terus, makanya tahu. Waktu itu sama kayak sekarang, banyak orang ramai pesan,” katanya.

Dulu, ia hanya modal rumah kontrakan. Namun kini, ia bisa memiliki nursery sendiri seluas 2.000 meter persegi dengan beragam koleksi tanaman hias.

Modal informasi itu lantas ia gunakan untuk mulai berburu dan mengumpulkan tanaman hias jenis tertentu sesuai tren.

“Dulu jaman Sansevieria, saya prediksi bakal naik. Baru deh banyakin, kumpulin, baru ramai. Beberapa tanaman hias lain juga gitu. Sebelum orang ramai-ramai cari, kami kumpulin duluan. Pada 2017, saya beli [Philodendron] melanochrysum, borong 200 pohon harganya cuma Rp15ribu [per pohon]. Sekarang ini yang besar Rp2 juta-Rp3juta,” ungkap Noldy.

Baca Juga:  Mau Memperkuat Otot Bahu? Cobalah Gerakan Y Raise

Terjun sekian tahun di dunia tanaman hias membuatnya juga ‘khatam’ dengan lokasi-lokasi perburuan. Petualangan mengumpulkan tanaman hias pun menghantarkannya ke berbagai pelosok Nusantara.

Untuk luar negeri, Noldy mengungkapkan bahwa ia banyak mengambil dari Thailand, negara yang dikenal sebagai sentranya tanaman hias dunia. Namun ada kisah unik. Menurutnya Thailand kecolongan dua kali dalam hal bisnis tanaman hias sultan yaitu Monstera Obliqua dan Monstera white mint yang sekarang dia tekuni. “Saya kena Monstera mint pertama kali pada 2017, pas pertama lihat wah ini unik. Waktu itu yang naik daun albo. Tapi feeling saya Mint juga bakal naik. Saya beli Monstera mint dari Thailand harganya 5.000 baht waktu itu. Saya kumpulin, totalnya ada 16 pohon saya dapat dari Thailand. Saya puasa, saya tahan dulu, barulah pada 2019 saya kenalin ke pasar,” bebernya seperti dikutip dari channel Youtube Susy Garden berjudul Noldy Topan, Penguasa Monstera Mint di Dunia, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Sering Kelelahan di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Dari ragam koleksi tanaman hias yang dimiliki, Noldy tidak hanya memuaskan hasrat dan kecintaannya pada tanaman hias. Ia juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi bahkan mencapai miliaran rupiah.

Sebut saja Monstera white mint, yang saat ini sedang naik daun, pernah dilepas dengan harga Rp125 juta. Noldy meyakini hanya beberapa orang yang memiliki spesies ini dan dirinya pun memang sedang mengembangkan tanaman hias tersebut.

Kemudian ada Philodendron billietiae variegata yang dibanderol dengan harga Rp450 juta. “Karena variegata, jadi harganya berkali-kali lipat dari yang biasa. Kalau yang normal Rp15 juta,” katanya.

Menurut pengakuan Noldy, pernah ada yang belanja tanaman hias hingga Rp2 miliar dalam setahun terakhir ini. Noldy mengungkapkan bahwa sang pembeli tersebut memborong beberapa jenis tanaman sultan termasuk Monstera dan Philodendron.

Berita Terkait

Berita Terkini

Perhatikan Ini Sebelum Melepas Anak Sekolah Tatap Muka

Berikut berapa hal dapat disiapkan orang tua sebelum melepas anak untuk sekolah tatap muka.

Serem! Perempuan ini Diganggu Hantu Sampai Terseret ke Dapur

Video seorang perempuan yang tengah membuka sebuah kardus tiba-tiba terseret ke dapur rumahnya tanpa sebab menjadi viral.

Bak Pinang Dibelah, Wajah Perempuan Solo Ini Mirip Ernest Prakasa

Video seorang wanita yang disebut memiliki wajah yang mirip dengan aktor Ernest Prakasa viral di dunia maya.

Bukan Hanya Otak, Organ Lain Juga Rawan Kena Komplikasi Hipertensi

Kerusakan organ tubuh akibat komplikasi hipertensi tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Pisang Jumbo di Papua Ini Ukurannya Bikin Melongo

Pisang berukuran jumbo dengan diameter 10 cm ditemukan di Papua.

Seperti Tukul Arwana, Banyak Orang Tidak Menyadari Idap Hipertensi

Sebagian besar penderita tidak mengetahui dirinya idap hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Kenali Gejala Hipertensi Seperti Dialami Tukul Arwana

Sebenarnya Tukul Arwana juga sudah menunjukkan gejala hipertensi, namun banyak yang tak menyadarinya.

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok, Semuanya Menggugah Selera

Ini dia lima kuliner khas Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang bisa kamu coba setelah menonton balapan di Sirkuit Mandalika.

Asale Mandalika, Surga Tersembunyi di Lombok

Inilah sejarah dan potensi wisata di Mandalika yang disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok, NTB.

Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Ini dia deretan wisata eksotis dari pantai hingga budaya di dekat atau sekitar Sirkuit Mandalika di Lombok yang bisa kamu kunjungi sembari nonton balapan.

Legenda Putri Mandalika Bersejarah dengan Sirkuit MotoGP Megah

Terdapat legenda bersejarah Putri Mandalika di Lombok yang konon katanya memiliki paras cantik jeita. Ini dia ceritanya!

Viral Hijabers Dugem, Netizen: Tanda-Tanda Kiamat!

Para pemudi berhijab itu disebut 'dugem halal' karena asyik joget di kafe dengan lampu percahayaan yang minim.

Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Tips memasak nasi kali ini membahas tentang bagaimana cara mencuci beras yang benar agar vitaminnya tidak hilang?

Ikuti Jejak Mark Zuckerberg, Yuk Terapkan Frugal Living

Di Indonesia, ada Cinta Laura, Desi Anwar, dan Raditya Dika yang telah menerapkan gaya hidup frugal living.

Memasuki Usia 40 Tahun, Wanita Disarankan Rutin Lakukan Ini

Memasuki usia 40 tahun, ada sejumlah hal yang sebaiknya menjadi perhatian wanita salah satunya adalah terkait kesehatan tubuh.

Awas! Minuman Ini Bisa Picu Hasil Positif Palsu Covid-19

Para peneliti pun berusaha mencari tahu penyebab hasil positif palsu pada tes antigen.