SOLOPOS.COM - Edward Snowden (JIBI/Reuters)

Solopos.com, OSLO — Baard Vegar Solhjell dan Snorre Valen, dua anggota parlemen Norwegia, Rabu (29/1/2014), mencalonkan mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden sebagai penerima Nobel Perdamaian 2014. Mereka menganggap pembocoran dokumen oleh Snowden membuat dunia menjadi lebih aman.

Solhjell, mantan Menteri Pendidikan Dan Lingkungan untuk Partai Kiri Sosialis, mengatakan pembocoran rahasia NSA oleh Snowden memperkaya pemahaman umum menyangkut negara penyadap warga negaranya sendiri. “Tidak ada keraguan bahwa tindakan yang dilakukan Edward Snowden mungkin telah merusak kepentingan keamanan sejumlah negara dalam waktu singkat,” kata Solhjell yang didampingi rekannya sesama anggota parlemen, Snorre Valen, dalam pernyataan bersama.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Namun demikian, kami teryakinkan bahwa debat publik dan perubahan-perubahan kebijakan yang mengikuti pembocoran yang dilakukan Snowden itu telah membawa aturan dunia yang lebih damai dan stabil,” kata Solhjell sebagaimana dikutip Reuters.

“Tindakan yang dilakukannya menimbulkan dampak yang membawa kembali kepercayaan dan keterbukaan sebagai prinsip utama dalam kebijakan-kebijakan keamanan global.” Snowden, yang saat ini tinggal di Rusia dengan status suaka sementara—setelah membongkar rahasia pemerintah AS soal program penyadapan serta kegiatan-kegiatan lainnya, menghadapi tuntutan kejahatan di Amerika Serikat. Snowden kabur meninggalkan AS tahun lalu. Ia sempat singgah di Hong Kong sebelum ke Rusia.

Ribuan orang di seluruh dunia memiliki kelayakan untuk dicalonkan sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian, termasuk anggota parlemen negara manapun. Untuk hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu, tercatat ada 259 calon penerima. Nobel Perdamaian itu sendiri akhirnya dimenangi oleh Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia atas upaya badan tersebut menghapuskan persenjataan kimia Suriah.

Komite Nobel Norwegia akan mengumpulkan calon-calon penerima hadiah Nobel tahun 2014 hingga tanggal 1 Februari 2014 dan menyelesaikan daftar kandidat pada tanggal 4 Maret. Pada tanggal tersebut, komite akan melakukan pertemuan pertamanya tahun ini dan para anggota komite menyerahkan daftar calon mereka. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya