Nissan Bakal Mulai Bisnis Baru dan Gelontorkan $17,6 Miliar

Skema Nissan hadapi era elektrifikasi, salah satunya gelontorkan dana untuk bangun infrastruktur.

 Logo Nissan. (Carlogos)

SOLOPOS.COM - Logo Nissan. (Carlogos)

Solopos.com, JAKARTA – Nissan mendeklatasikan Nissan Ambition 2030 dan menyusun skema untuk mewujudkan netratlitas karbon pada 2050. Berikut alur Nissan menyambut ambisi tersebut.

Mereka akan fokus mewujudkan kendaraan ramah lingkungan sama dengan beberapa merek otomotif lain, yakni mengeluarkan produk elektrifikasi. CEO Nissan, Makoto Uchida mengatakan akan mengambil kesempatan bisnis baru yang dibutuhkan masyarakat.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (1/12/2021), Makoto Uchida berpandangan Nissan ingin berubah menjadi perusahaan yang lebih berkelanjutan.

Baca Juga: Mungil, Kendaraan Listrik $25 Juta Ini Punya 110 Tenaga Kuda

Dia mengklaim Nissan telah mendemokratisasi kendaraan listrik dengan produk dan infrastruktur yang berorientasi terhadap kepuasan konsumen. Nissan Ambistion 2030 juga diikuti dengan percepatan langkah elektrifikasi dan teknologi dengan menghadirkan investasi 2 triliun yen atau sekitar US$17,6 miliar dalam lima tahun ke depan.

Nissan telah memperkenalkan 23 model baru kendaraan listrik. Kendaraan itu termasuk 15 jenis kendaraan listrik hingga 2030 nanti. Mereka memasang target lebih dari 50 persen pangsa pasar global lewat Nissan dan Infiniti.

Baca Juga: Trail Prototipe Pindad Cocok Juga Buat Tunjang Kerja Babinsa

Di China, Nissan pasang target 40 persen penjualan, Eropa lebih dari 75 persen, Jepang lebih dari 55 persen dan di Amerika Serikat lebih dari 40 persen penjualan kendaraan listrik di tahun fiskal 2030.

Untuk peningkatan kemampuan baterai lithium-ion, Nissan memperkenalkan teknologi bebas cobalt. Tekologi ini diklaim mampu menekan biaya produksi hingga 65 persen pada tahun fiskal 2028 nanti. Nissan juga berencana menghadikkan teknologi all-solid-state batteries atau ASSB dan membangun pabrik di Yokohama pada 2024.

Nissan juga tengah mencari perusahaan yang mampu menawarkan suplai baterai untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara global. Nissan berencana untuk meningkatkan produksi baterai bersama partner secara global dari 52 GWh pada 2026 ke 130 GWh pada 2030 mendatang.

Baca Juga: All New Xenia, 1.300 CC Sementara Paling Diminati

Selain soal produk dan teknologi, Nissan juga akan melokalisasi proses produksi untuk membuat kendaraan listrik mereka lebih kompetitif. Nissan memperluas konsep EV Hub yang bernama EV36Zero, yang hadir di Inggris, ke pasar utama di Jepang, China dan Amerika Serikat. EV36Zero adalah ekosistem manufaktur dan layanan terintegrasi yang menghubungkan mobilitas dan manajemen energi yang bertujuan untuk menghadirkan netralitas karbon.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ingin Motor Anda Hemat Bahan Bakar? Ini Caranya

Lantas bagaimana agar bisa menghemat BBM sepeda motor kendati digunakan setiap hari, berikut tipsnya.

Mobil Edisi Khusus Chevrolet, Corvette 70th Anniversary

Corvette 70th Anniversary Edition memiliki velg yang unik dengan center cap serta finishing yang gelap serta garis Edge Red.

Desain Truk Listrik Pininfarina Xingtu yang Aerodinamis dan Ekspansif

Truk bertenaga listrik Pininfarina Xingtu desainnya digarap perusahaan desain mobil Italia Pininfarina.

Bob-e Motor Listrik Bertampang Sangar dari Ignitron Motorcorp

Bob-e merupakan motor listrik produk dari perusahaan rintisan sepeda listrik Ignitron Motocorp dan dirancang khusus untuk pasar India.

Tips Otomotif: Ini Akibatnya Jika Tangki BBM Tak Full

Salah satu kebiasan tidak baik adalah tidak mengisi tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan hingga full.

Kembangkan Kendaraan HEV, Renault Gandeng Geely

Selain memproduksi mobil HEV dan ICE yang rendah emisi, kerja sama itu juga menandai upaya Renault dan Geely untuk mengoptimalkan pasar otomotif kawasan Asia.

Ini Dua Mobil Wuling Terlaris Penjualannya di Indonesia

Ada dua mobil Wuling yang paling laris, sehingga mendongkrak kinerja produsen mobil asal China tersebut.

Cadillac Segera Rilis Produk Baru, Escalade-V 2023

Cadillac dikabarkan segera meluncurkan sebuah kendaraan unggulan terbaru yang digadang-gadang sebagai Cadillac Escalade-V 2023.

Menjajal Ketangguhan Terios Menyusuri Destinasi Menawan di Ibu Kota Negara

Salah satu destinasi yang dituju Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders adalah Bukit Bangkirai yaitu kawasan wisata hutan tropis seluas 1.500 hektare.

Kecelakaan Maut Balikpapan, Lakukan Ini Saat Rem Blong

Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang wajib dilakukan ketika menghadapi rem blong sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang dapat terjadi.

Ada Masalah Pada Lampu Rem, Ford Tarik 200.000 Unit

Penarikan ini untuk memperbaiki masalah pada lampu rem yang dapat terus menyala. Karena ini bisa membingungkan pengendara lain.

Antisipasi Ban Kempis, Siapkan Pompa Ban Portabel dari Portronics

Portronics Vayu dapat digunakan untuk memompa ban kendaraan, sepeda motor, atau bahkan bola.

Volkswagen dan Bosch Sepakat Patungan Produksi Baterai

Volkswagen dan Bosch kerja sama mendorong produksi baterai di Eropa dengan mendirikan usaha patungan.

Mazout Electric Luncurkan Sepeda Motor Penjelajah Bertenaga Listrik

Perusahaan elektrik di India, Mazout Electric mengembangkan sepeda motor penjelajah bertenaga listrik.

Tips Agar Kaca Mobil Anda Tak Berjamur

Apabila dibiarkan jamur akan menggangu visibilitas pengemudi. Untuk itu kebersihan kaca mobil harus diperhatikan agar tak muncul jamur.

Wacana Program Mobil Rakyat Bergulir, Ini Prediksi Penjualan Mobil di 2022

Proyeksi pasar juga tergantung dari persetujuan mobil rakyat yang tentunya akan berdampak positif bagi pasar otomotif tahun 2022 ini.