SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SLEMAN -- Kasus perusakan nisan salib kembali terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kali ini, nisan salib berbahan kayu di Makam Bethesda Mrican, Jl Gejayan, Sleman, yang ditemukan terbakar atau tercabut dari pusara, Sabtu (6/4/2019) sore.

Kejadian tersebut diketahui setelah keluarga ahli waris yang hendak berziarah kaget saat salib penanda tidak lagi terpasang dan melapor ke pengurus makam. Hari Yuniarto, salah satu pengurus makam yang ditemui Harian Jogja di tempat kejadian mengatakan kali pertama mengetahui peristiwa tersebut setelah salah satu keluarga ahli waris meneleponnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihak ahli waris itu menanyakan terkait salib kayu yang tak lagi terpasang. “Sekitar pukul 15.30 WIB, ada yang menelepon, dan saya periksa, ternyata ada nisan salib yang hangus dan beberapa lagi dicabut dari pusaranya,” kata dia, Sabtu (6/4/2019).

Hari mengatakan, ada delapan nisan salib yang dicabut dari pusaranya dan tergeletak ditanah. Sedangkan yang terbakar, dia tidak tahu jumlahnya.

“Nisan salib yang dicabut, dua sudah dipasang kembali, dan yang enam saya simpan di gudang untuk nantinya dipasang kembali. Yang dibakar saya jumlahnya tidak tahu. Ada dua atau tiga yang kelihatan hangus, di pasang satu yang satu masih utuh,” ucap dia.

Selama ini, kata Hari, gerbang makam selalu ditutup meski tidak dikunci. “Ini hanya ditutup biasa saja, karena pernah dikunci namun dibuka orang secara paksa. Namun ini saya sudah melapor ke pimpinan, gerbang akan diperbaiki,” ucap dia.

Dia mengatakan, saat sedang mengecek makam, ia melihat seorang yang tidak dikenal tidak jauh dari lokasi menemukan nisan salib. “Seperti orang tidak waras, dia tidur di atas makam, saat saya tanya dia hanya bangun dan pergi,” ucap Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya