Ningsih Tinampi. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Sosok Ningsih Tinampi sebagai praktisi spiritual dari Pasuruan, Jawa Timur, sedang hits. Namanya semakin dikenal lantaran sering muncul di video Youtube. Bahkan, ada yang menyebut Ningsih Tinampi sebagai cucu Nabi Muhammad. Benarkah demikian?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Minggu (8/12/2019), video bertajuk Kiamat Sudah Dekat #Ningsih Tinampi Pandaan Jawa Timur yang diunggah 29 Maret 2019 viral di media sosial. Video itu memperlihatkan seorang pria kesurupan yang mengingatkan soal akhir zaman.

Pria tersebut lantas menyebut Ningsih Tinampi sebagai keturunan Rasulullah. “Ini cucunya Rasulullah, demi Allah, cucunya Rasulullah ini!” kata pria itu sambil memegang Ningsih Tinampi. Pria ini menyebut sosok Mbah Kholil Bangkalan sebagai kakek buyut dari Ningsih Tinampi.

Sebagai informasi, Mbah Kholil Bangkalan adalah ulama karismatik dari Madura. Beliau dikenal dengan nama Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban al-Bangkalani. Beliau adalah putra dari KH. Abdul Lathif yang mempunyai pertalian darah dengan Sunan Gunung Jati.

Mbah Kholil merupakan guru dari tokoh-tokoh besar seperti pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Hasbullah, hingga KH. Bisri Syamsuri. Selain tiga nama itu, Mbah Kholil juga menjadi induk dari banyak ulama karismatik lain.

Mendengar ucapan itu, Ningsih Tinampi tidak banyak bereaksi. Dia hanya sedikit mengangguk, tidak tampak membenarkan atau menyangkal.Di video itu juga tak jelas bagaimana awal mula pria itu menyebut cucu Rasulullah. Video viral itu adalah potongan adegan rangkaian aksi pengobatan alternatif Ningsih Tinampi.

Seperti diketahui, Ningsih Tinampi membuka praktik pengobatan alternatif di Jl Raya Lebaksari, Karang Kepuh, Karang Jati, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Sebelum tenar dan rumahnya dipadati pasien seperti saat ini, Ningsih Tinampi berkeliling mencari orang sakit akibat ilmu hitam. Kala itu ia mengobati tanpa meminta bayaran.

Ibu dua anak ini mengaku, aktivitas itu ia jalani karena merasa memiliki kewajiban untuk menolong. Entah bagaimana mulanya, Ningsih lantas mengunggah video-video pengobatan alternatifnya hingga meraup banyak penonton.

Terkait video-video yang diunggah ke Youtube, Ningsih mengaku semuanya itu atas inisiatif orang-orang dekat yang membantunya. Video-video proses pengobatan mulai diunggah sejak sekitar satu tahun lalu.

* Artikel ini sebelumnya telah tayang di Jeda.id dengan judul Benarkah Ningsih Tinampi Cucu Rasullah?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten