SOLOPOS.COM - Foto: Dokumentasi

Foto: Dokumentasi

Mendulang sukses setelah menyusupkan fitur canggih bernama Siri di iPhone 4, kini pengembang aplikasi berbasis suara asal AS, Nuance menghadirkan fitur serupa Siri iPhone, bernama Nina(Nuance Interactive Natural Assistant). Pengembang ini sendiri, seperti dilansir sidomi.com, merupakan pengembang Siri yang telah diakuisisi Apple untuk fitur di iPhone 4.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yang membedakan antara Siri dan Nina, seperti dikutip Theponsel, hanya pada segmennya. Jika Siri untuk segmen direct konsumen iPhone, Nina lebih khusus menyasar pada pasar pelanggan korporat. Pengembang ingin membidik perusahaan perbankan, maskapai, asuransi hingga bisnis lain. Nina nantinya juga dijadikan sebagai bentuk layanan costumer service bagi pelanggan perusahaan yang bersangkutan.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara, dari segi mekanisme kerja, sama dengan Siri iPhone, yakni mendeteksi suara pertanyaan serta perintah yang diucapkan pelanggan. Sedangkan, jalur koneksi, layanan tetap mengandalkan akses internet. Semakin bagus sinyal akses data, maka makin cepat fitur Nina memberikan jawaban penggunanya.

Hanya yang membedakan dengan Siri, fasilitas bagi pelanggan korporat, yakni akses langsung ke pusat data Nuance.

 

Dua Operating System

Kemungkinan Nina dapat digunakan untuk handset berbasis dua operating system (OS), yakni iOS dan Android. Pasalnya, Nuance sendiri telah merilis software delevopment kit (SDK).

Dalam software itu, ada beberapa alternatif pilihan karakter suara yang tersedia. Ada 40 varian karakter dan bisa di costumize sesuai keinginan perusahaan.

Selain sebagai asisten cerdas, seperti dikutip dari sidomi.com, Nina memiliki tiga fitur utama yakni, biometric voice-unlock untuk memudahkan pengguna login, classic voice recognition, yaitu fitur pengenalan suara tradisional dan natural language atau bahasa alami, yang memberikan panduan pengguna dalam melakukan fungsi secara step by step.

Meski jadi saudara Siri, pihak Nuance sendiri memastikan Nina tak akan bersaing dengan Siri. Pasalnya, segmen yang berbeda menjadi alasan tak ada persaingan antara keduanya. Hingga saat ini, Nuance juga belum merilis harga Nina. Nuance hanya menambahkan harga tidak mengikat, karena tiap perusahaan memiliki kebutuhan berbeda, sehingga harus ditangani per kasus secara business to business (B2B).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya