SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Kementerian Keuangan mencatat total utang pemerintah Indonesia per Oktober 2011 mencapai 1,7 ribu triliun rupiah. Jika dihitung dalam mata uang dolar AS, jumlah utang pemerintah tersebut mencapai 200 miliar dolar Amerika Serikat lebih. Dari data yang dilansir Ditjen Pengelolaan Utang Kemenkeu, utang pemerintah terdiri dari pinjaman 68,5 miliar dolar Amerika Serikat, dan surat berharga 131,6 miliar dolar amerika Serikat. Adapun pada 2010, jumlah utang pemerintah berada di posisi 1.600 triliun rupiah. Artinya, sepanjang tahun berjalan ini, terdapat kenaikan utang pemerintah sebesar 91,19 triliun rupiah. Sementara itu, dalam APBN-P 2011, pemerintah mematok plafon utang 125,3 triliun rupiah. Utang tersebut akan dipakai untuk memenuhi target pembiayaan 2011 yang mencapai 50,8 triliun rupiah.

Terkait dengan rasio utang terhadap produk domestik bruto, Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto pesimistis target penurunan rasio itu akan dicapai. Menurutnya, pengaruh faktor nilai tukar rupiah cukup signifikan karena sekitar 45% dari utang pemerintah berada dalam denominasi dolar AS. [MIOL/dtp]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya