Nilai Investasi di Jateng pada 2019 Capai Rp222,26 T
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melakukan jumpa pers di Bandara Ahmda Yani Semarang, Jumat (27/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Menjelang tutup tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memamerkan sederet pencapaiannya di tahun 2019.

Salah satu pencapaian yang dianggap berhasil adalah upaya Jateng dalam mendatangkan investor baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri sepanjang tahun ini.

Data yang diperoleh Semarangpos.com, total realisasi investasi Jateng sepanjang 2019 mencapai Rp222,26 triliun. Nilai investasi sebanyak itu sekitar Rp120,47 triliun berasal dari penanaman modal asing (PMA), sedangkan sisanya, Rp101,79 triliun berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Investasi sebanyak itu tersebar di 13.510 proyek dan diklaim mampu menyerang 578.612 tenaga kerja di Jateng.

“Investor terbesar di Jateng adalah Jepang, disusul Korea Selatan, China, Singapura, dan Hongkong. Untuk realisasi investasi PMA terbesar di Jepara, dan PMDN di Cilacap,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menggelar jumpa pers di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jumat (27/12/2019).

Sementara itu dari sisi infrastruktur, berbagai proyek besar di Jateng juga menunjukkan progress signifikan. Di bidang infrastruktur perhubungan, setidaknya da tiga bandara yang dikebut pembangunannya di 2019 yakni Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga, Bandara Ngloram Cepu Blora dan Bandara Dewandaru Karimunjawa.

Selain itu, Pemprov Jateng juga telah menambah satu koridor Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng, Semarang-Kendal sehingga melengkapi dua koridor yang sudah ada sebelumnya, yakni Semarang-Bawen dan Purwokerto-Purbalingga.

Selain itu, pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) Jatidiri Semarang juga menunjukkan progres signifikan di tahun 2019 ini. Beberapa pekerjaan seperti pembangunan GOR indoor, lintasan sepatu roda, gym center dan lainnya sudah selesai 100%.

Di sektor pariwisata, sejumlah kegiatan dalam rangka peningkatan kunjungan wisatawan baik nasional maupun asing terus dilakukan. Hingga awal Desember 2019, tercatat kunjungan wisatawan asing ke Jateng mencapai 623.787 orang dan wisatawan nasional sekitar 49.546.219 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho