SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Pelatih Timnas Indonesia Nil Maizar terus memantau perkembangan empat pemain baru timnas yang tiga di antaranya adalah pemain naturalisasi sebelum diputuskan siapa yang masuk dalam tim inti untuk dibawa ke Malaysia.

Empat pemain baru itu adalah Johnny van Beukering, Tonni Cussel, Raphael Maitimo dan satu pemain Indonesia yang bermain di klub Espanyol B Spanyol, Arthur Irawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mereka cepat mengaplikasikan instruksi dari pelatih. Kami pun memberikan kesempatan pada pemain untuk bermain sesuai dengan karakternya. Secara keseluruhan mereka cukup bagus,” kata Nil Maizar usai memimpin pertandingan internal timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Menurut dia, meski telah menunjukkan kemampuannya, keempat pemain ini harus terus meningkatkan proses adaptasi dengan pemain yang lain. Selain itu, keempat pemain ini diharapkan bisa secepatnya bisa beradaptasi dengan iklim di Jakarta.

“Dalam sebuah tim bukan hanya skill yang dibutuhkan, adaptasi dengan kondisi juga perlu. Mereka juga harus siap dengan cuaca disini,” kata mantan pelatih klub Semen Padang itu.

Ditanya akan kemampuan Arthur Irawan, mantan pemain timnas ini memberikan apresiasi yang cukup tinggi. Hanya saja, pemain klub Espanyol B ini belum mampu mengeluarkan permainan terbaiknya.

“Dia hanya fokus di lokasi spesialisasinya. Saya lihat dia cukup bagus,” kata Nil Maizar.

Arthur Irawan merupakan pemain dengan spesialisasi bek kanan. Jika pemain ini terus meningkatkan kemampuannya peluang untuk memperkuat timnas untuk turun di Piala AFF 2012 cukup besar karena pemain spesialisasi bek kanan yaitu Hengki Ardiles masih cedera.

Masih cukup waktu bagi pemain berusia 19 tahun ini untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya karena pemilihan 22 pemain yang akan diberangkatkan ke Malaysia baru akan diputuskan setelah Timnas Garuda menjalani dua pertandingan ujicoba internasional yaitu melawan Timor Leste, Rabu (14/11/2012) dan Kamerun, Jumat (16/11/2012).

Sementara itu untuk tiga pemain naturalisasi saat ini terus dipantau. Pada pertandingan internal timnas posisi ketiga pemain ini sering diubah-ubah dengan alasan untuk mencari formasi yang tepat.

“Johnny, kami coba ditengah. Begitu juga Tonni dan Maitimo. Mereka terus kami pantau perkembangannya,” kata Nil Maizar.

Pada pertandingan internal timnas 2×35 menit, pemain timnas yang ada dibagi menjadi dua grup. Hanya saja pada pertandingan ini tidak diikuti oleh Diego Michiels karena saat ini terlilit masalah hukum.

Begitu juga dengan Oktovianus Maniani. Pemain asal Papua ini haruys ditarik keluar karena mengalami cedera. Pertandingan sendiri berakhir 3-2 untuk kemenangan Tim Merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya