SOLOPOS.COM - Moto Belong (Instagram/@ellyhansdadargulung)

Solopos.com, JEPARA — Moto Belong atau yang juga disebut sebagai Moto Blong merupakan salah satu jajanan pasar khas Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dikutip dari Wikipedia, Kamis (28/10/2021), penamaan Moto Belong berasal dari Bahasa Jawa, yaitu ‘Moto’ yang artinya mata, sedangkan ‘Belong’ artinya melotot.

Kudapan yang satu ini dinamakan Moto Belong karena bentuk makanan tersebut menyerupai mata yang melotot. Makanan ini juga sering disebut sebagai boto blong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahan dasar untuk membuat kuliner khas Jepara yang satu ini adalah singkong, garam, gula pasir, kelapa parut, pisang, vanili dan pewarna makananan. Pembuatannya diawali dengan mengupas utuh yang kemudian diselimuti dengan singkong halus yang sudah diberi pewarna dan bumbu. Pisang yang sudah diselimuti dengan singkong halus kemudian dikukus hingga matang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Misteri Sakoci & Larangan Pejabat Publik Masuk Wilayah Ini

Cara penyajian moto belong sangatlah mudah. Jika sudah matang, adonan tadi tinggal  dipotong tipis-tipis sehingga bentuknya menyerupai mata. Potongan atau irisan moto belong tersebut kemudian dicampur dengan parutan kelapa serta diberi sedikit gula dan garam untuk menambah rasa gurih.

Selain rasa manis dan gurih, moto belong memiliki tampilan yang cantik dan menggoda sehingga setiap orang ingin mencicipinya. Warna dari moto belong bervariasi, mulai dari hijau, merah hingga kuning.

Perpaduan warna hijau, merah, kuningnya pisang dan putihnya kelapa parut sangat menggungah selera para penikmat. Moto belong ini disajikkan pada beberapa acara penting dan dijadikan sebagai snack andalan.

Baca Juga: Rawa Pening Dikaitkan dengan Gempa Ambarawa, Cek Faktanya

Jajanan ini bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Jepara. Namun, makanan ini bisa dibuat sendiri karena proses pengolahannya mudah. Cara membuatnya: 1.200 gram singkong dicampur dengan kelapa parut, lalu campurkan juga 200 gram gula pasir, ½ sdt vanili. dan 1 sdt garam.  Jika sudah merata, bagi adonan menjadi dua bagian dan beri masing-masing warna yang berbeda. Aduk hingga warna merata.

Gunakan selembar daun pisang sebagai alas. Letakkan ½ adonan merah dan sisanya adonan hijau di alas itu lalu pipihkan. Ambil pisang yang sudah dikukus dan letakkan di tengahnya. bentuk menjadi lingkaran utuh kemudian gulung daun pisang hingga membungkus keseluhan. Jangan lupa gunakan lidi supaya adonan tetap tertutup daun. Setelah itu, kukus adonan dengan api besar selama satu jam atau sampai matang. Santap moto belong ini dengan parutan kelapa yang sudah dicampur gula dan garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya