SOLOPOS.COM - Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, yang menikahi adik Presiden Jokowi, Idayati, ternyata pernah menjadi guru honorer di sebuah sekolah di Jakarta.

Pria kelahiran Bima, 31 Desember 1956 yang dibesarkan di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat ini, mengaku dirinya terbiasa hidup dalam kemandirian. Lulus dari SDN 03 Sila, Bima pada 1969, Anwar harus meninggalkan desa dan orang tuanya untuk melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama enam tahun hingga 1975.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selama sekitar enam tahun hidup terpisah dari orang tua, saya banyak belajar tentang disiplin dan kemandirian, karena memang sebagian hidup saya habiskan di perantauan,” jelas dia dalam laman resmi Mkri.com yang dikutip Solopos.com pada Kamis, 26 Mei 2022.

Baca Juga:  Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah menempuh pendidikan PGAN, setara SMA, dia memutuskan merantau ke Jakarta dan menjadi guru honorer di SD Kalibaru. Selama menjadi guru honorer, Ketua MK, Anwar Usman pun melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1. Meski teman-temannya semasa PGAN banyak yang mengambil jurusan tentang ilmu agama islam, dia justru memilih untuk melanjutkan studi di jurusan hukum di Universitas Islam Jakarta pada 1975

“Jarang yang memilih fakultas hukum. Akan tetapi, saya tidak melepaskan diri dari dunia pendidikan yang menjadi basic saya. Terbukti SD Kalibaru tempat pertama kali saya mengadu nasib di Jakarta pada 1975 telah berkembang menjadi sebuah yayasan pendidikan dengan berbagai jenis dan tingkatan pendidikan. Saya pun terpilih dan diangkat menjadi Ketua Yayasan sampai saat ini,” tambah dia.

Baca Juga: Selain Judika, Ini Bintang Tamu Lain di Pernikahan Adik Jokowi Hari Ini

Setelah lulus S1, dia melanjutkan studi masternya magister hukum di IH IBLAM Jakarta dan untuk doktornya, ia ambil di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sebelum menjadi Ketua MK, Anwar Usman diketahui sebagai Wakil Ketua MK selama dua periode, yakni 14 Januari 2015-11 April 2016 dan 11 April 2016-2 April 2018. Setelah itu, dia terpilih sebagai Ketua MK dari 2 April 2018 hingga sekarang.

Baca Juga:  Alumni SMA Tertua Indonesia di Jateng, dari Pejabat Negara hingga Artis

Sebagai informasi, sebelum memutuskan menikah hari ini dengan adik Jokowi, Anwar Usman mengenal Idayati baru tujuh bulan lamanya. Mereka ternyata diperkenalkan oleh seorang teman pada Oktober 2021 lalu.

Dari perkenalan tersebut, benih-benih cinta antara mereka tumbuh hingga akhirnya Anwar Usman memutuskan melamar Idayati pada 12 Maret 2022.

Baca Juga:  Ternyata Ini Letak Titik 0 KM Wonogiri, Bukan di Alun-alun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya