SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Klaten. (Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memastikan Pilkada Klaten 2024 tidak diikuti pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur independen atau perseorangan. Hingga batas akhir jadwal penyerahan berkas syarat dukungan, Minggu (12/5/2024), tidak ada pasangan calon independen yang datang ke KPU untuk memasukkan berkas tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Klaten, Primus Supriono, saat ditemui wartawan di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (13/5/2024) siang. Sesuai tahapan Pilkada 2024, jadwal penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan ke KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yakni 8-12 Mei 2024.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Jumlah syarat dukungan yang harus dipenuhi pasangan calon perseorangan untuk Pilkada Klaten minimal 72.864 orang yang tersebar 14 kecamatan. Syarat dukungan itu dibuktikan dengan fotokopi KTP. “Sampai tadi malam [Minggu (12/5/2024)] pukul 23.59 WIB kami berjaga, tidak ada yang menyerahkan dokumen syarat dukungan,” kata Primus.

Alhasil, Pilkada Klaten 2024 dipastikan tidak diikuti pasangan calon independen. Pilkada hanya akan diikuti pasangan calon yang diusung partai politik (parpol) maupun gabungan parpol. Primus menjelaskan sebelumnya ada dua orang yang bertanya-tanya soal persyaratan maju Pilkada melalui jalur independen.

Disinggung penyebab tidak ada pasangan calon yang maju melalui jalur independen, Primus menjelaskan bisa jadi lantaran syarat dukungan yang harus disiapkan cukup banyak. Selain itu bisa juga karena waktu untuk mempersiapkan syarat dukungan terbatas.

Pasangan calon independen pernah tampil di Pilkada Klaten pada 2015 lalu. Kala itu, ada tiga pasangan calon yakni Mustafid Fauzan-Sri Harmanto, One Krisnata-Sunarto, dan Sri Hartini-Sri Mulyani.

Mustafid Fauzan-Sri Harmanto merupakan pasangan calon independen. Pada Pilkada 2015, Sri Hartini-Sri Mulyani meraih 321.593 suara disusul pasangan One Krisnata-Sunarto 273.189 suara dan Mustafid Fauzan-Sri Harmanto dengan 62.849 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya