SOLOPOS.COM - Cadillac One (google)

Barack Obama saat keluar dari Cadillac One (google)

WASHINGTON –  Di tengah ingar bingar perayaan kemenangan Barack Obama untuk kembali memimpin AS 4 tahun ke depan, terselip satu pertanyaan. “Bagaimana keamanan presiden terpilih. Bukan di Gedung Putih, melainkan di kendaraan kepresidenan,” demikian tulis irishtimes.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejarah negeri Abang Sam mencatat, Presiden William McKinley, yang gemar melakukan kunjungan kerja dengan mobil, tewas terbunuh di mobil.

Begitu pula dengan John Fitzgerald Kennedy. Presiden ke-35 Amerika Serikat (AS)  itu ditembak saat menunggangi mobil kepresidenan Ford Lincoln Continental, atap terbuka atau convertible pada 22 November 1963. Tragedi yang hampir mirip dialami Presiden Ronald Reagen pada 30 Maret 1981.

Lantas bagaimana dengan mobil Barack Obama yang kali pertama terpilih pada 2009?

Selama ini Dinas Rahasia AS tak pernah mengungkapkan seluk-beluk mobil limusin Cadillac, mobil besutan General Motors, yang dinamai Cadillac One.

Meski begitu, majalah Forbes beberapa waktu lalu mengungkapkan detil mobil tersebut.

Cadillac One (google)

Rangka atau sasis mobil bermesin diesel 6.500 cc itu menggunakan rangka truk berukuran medium yang diperkuat dengan kevlar dan logam setebal 5 inci.

Alhasil bagian bawah mobil itu kebal bom dan granat. Bagian bodi Cadillac One, merupakan paduan bodi Cadillac STS dan DTS.

Namun bodi mobil Presiden dibuat dari baja setebal 8 inci dan diperkeras dengan titanim, aluminium serta keramiik. campuran bahan itu menjadikan bobot pintu mobil itu setara dengan pintu kabin pesawat Boeing 757.

Ruang belakang berkapasitas empat orang dengan partisi-sekat dengan pengemudi- kaca tahan peluru.

Hanya pintu di sisi tempat duduk Presiden yang dilengkapi sakelar pembuka.

Ukuran jendal lebih luas dibanding mobil kepresidenan sebelumnya, Adapun seluruh kaca mobil diklaim kebal peluru penembus tank.

Mobil ini juga dilengkapi panic button. Piranti itu berfungsi memberikan isyarat kedapa pengawal dan Dinas Rahasa kala terjadi masalah keamanan.

Tak lupa seperangkat komputer canggih dengan akses WI-FI, telepon satelit dengan koneksi sambungan langsung kepada Wakil Presiden dan Pentagon.

Khusus tangki bahan bakar dilapisi penahan benturan dan tembakan peluru ataupun granat berupa baja dengan campuran kevla dan busa khusus.

Demikian juga ban, yang terbuat dari karet dengan lapisan khusus yang takkan gembos meski terkena peluru ataupun granat.

Pada bagian kabin Cadillac berbandero sekitar US$ 420.000 atau sekitar Rp 4,2 miliar itu juga terdapat tabung oksigen serta pemadam api.

Sebuah tabung berisi darah yang diperlukan bila Presiden dalam kondisi darurat juga tersedia.

Sebagai langkah antisipasi kondisi darurat pada malam hari, mobil ini juga disediakan night vision. Bahkan bila terjadi keadaan darurat, mobil di tengah kepungan massa, sebuah shotgun dan cannon gas air mata bisa digunakan oleh Presiden dan pengawalnya.

Konsumsi bahan bakar mesin diesel Cadillac One mencapai 1 liter untuk 4 km. Kecepatan maksimum mobil dengan panjang 5,5 meter, dan lebar 1,8 meter itu mencapai 100 km per jam.

Dengan sederet keamanan itu, akankah mobil Obama diganti atau ditingkatkan kecanggihannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya