SOLOPOS.COM - Ilustrasi kelelahan karena bekerja. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Di tengah pandemi Covid-19 ini tak hanya kesehatan fisik perlu dijaga, tapi juga penting mengelola stres agar pikiran terjaga dengan baik dalam menghadapi berbagai tekanan. Ada banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kewarasan mental kita.

“Mengelola stres itu banyak cara ya. Masing-masing kembangkanlah hobinya. Hobi melukis, hobi menyanyi, hobi mengurus tanaman. Itu cara-cara mengelola stres, termasuk istirahat. Ini adalah salah satu protokol kesehatan yang perlu kita teruskan di masa pandemi,” ujar Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Imran Agus Nurali, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (17/2/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia memaparkan mengelola stres juga bisa dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup. Imran mengingatkan di masa pandemi, tidak sedikit orang yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) tetapi malah melupakan istirahat. Padahal di tengah kesibukan bekerja, lanjut dia, istirahat juga perlu dilakukan.

Baca juga: Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Memberi Manfaat di Masa Pandemi

Lebih lanjut, Imran juga mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan Germas alias Gerakan Masyarakat Sehat. Germas adalah gerakan nasional dari pemerintah yang berfokus pada kesehatan jangka panjang, meliputi aktivitas fisik teratur 30 menit setiap hari yang meningkatkan denyut nadi, perbanyak konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan berkala, jaga kebersihan diri dan lingkungan serta edukasi informasi kesehatan.

Menjaga Protokol Kesehatan 5M

Selain itu, protokol kesehatan juga perlu terus dijaga dan kewaspadaan tidak boleh menurun. “Pada dasarnya kita tetap perlu menjaga protokol kesehatan 5M [menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan melakukan vaksinasi]. Selain itu, penting juga untuk melakukan juga olahraga, istirahat, dan makan makanan bergizi agar imunitas tubuh tetap terjaga,” tutur Imran.

Dia menekankan setelah pandemi turun, standar protokol kesehatan untuk cuci tangan dan menggunakan masker tetap perlu dilakukan di masa depan. Menurutnya, cuci tangan penting untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kebersihan.

Baca juga: Awas! Stres Picu Covid-19 Makin Parah

“Sementara menggunakan masker bisa mencegah penularan penyakit TBC [tuberkulosis] maupun paparan asap rokok yang tidak baik untuk sistem pernapasan,” ungkap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya