SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sampah merupakan masalah lingkungan yang cukup sulit ditangani. Membuang sampah sembarangan menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia yang sulit dihilangkan. Akibatnya, banyak sungai yang tercemar sampah sehingga kondisinya sangat memprihatinkan.

Salah satu bukti nyata pencemaran lingkungan akibat gunungan sampah terlihat dalam video pendek unggahan pengguna akun Twitter @lerkvd, Selasa (30/10/2018). Video viral itu memperlihatkan aliran sungai yang dipenuhi sampah.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Berbagai jenis sampah yang didominasi plastik kemasan makanan mengalir deras bersamaan dengan aliran sungai. Video viral tersebut direkam di wilayah Desa Penyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Bandung, Jawa Barat.

Parit yang tadinya kering kerontang langsung dipenuhi sampah dari aliran air Sungai Cisunggala. Sejumlah warga yang melihat kejadian tersebut sangat kaget dan jijik. Mereka menunjukkan ekspresi tak percaya melihat aliran sungai yang begitu menjijikkan itu. Saking terkejutnya, ada warga yang menyebut kondisi tersebut tak ubahnya seperti tsunami.

Video viral tersebut menjadi perhatian netizen. Sejumlah warganet merasa prihatin melihat kondisi sungai yang tercemar sampah tersebut. “Inilah kita yang bisa buang sampah sembarangan. Tak akan tuntas dengan saling menyalahkan. Tapi, akan tuntas jika kita mulai tertib membuang sampah,” komentar @harisaep.

Pengen gw teriak ala motivator. Bayangkan, bayangkan jika rumah kalian yang dibanggakan terendam oleh banjir sampah ini. Akibat dari sampah yang kalian buang, bayangkan,” imbuh @Asterhixxxxalee.

“Kok bisa sampai kayak gitu sih. Dari kering kerontang bisa jadi penuh sampah gitu,” sambung @kekasihbayangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya