Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

 Petugas Pemadam Kebakaran Wonogiri saat mengevakuasi sarang tawon di permukiman warga. (Istimewa Damkar Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran Wonogiri saat mengevakuasi sarang tawon di permukiman warga. (Istimewa Damkar Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI – Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota pemadam kebakaran (Damkar) dalam kurun waktu Januari hingga September 2021. Sarang tawon yang dievakuasi berada di permukiman warga.

“Sejak awal tahun ini, sudah ada ratusan sarang tawon vespa yang diamankan Damkar Wonogiri,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonogiri Joko Santosa, saat dihubungi Minggu (26/9/2021).

Dari Januari hingga 20 September 2021, sudah ada 113 kegiatan evakuasi sarang tawon yang dilakukan Damkar. Kegiatan itu dilakukan setelah mendapatkan laporan dari warga yang meminta untuk evakuasi sarang tawon yang berada di area permukiman.

Baca Juga: Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Joko mengatakan, biasanya warga melaporkan ke Damkar karena mereka khawatir dengan keberadaan sarang tawon di permukiman yang bisa membahayakan. Di sisi lain, beberapa kali Damkar juga mendapat laporan sarang tawon di area hutan.

“Kalau ada laporan ada tawon di hutan tidak kami evakuasi. Kami hanya lakukan evakuasi di area pemukiman warga saja yang membahayakan. Kalau jauh dari pemukiman tidak dievakuasi, kan memang di alam agar tidak mengganggu ekosistemnya,” ungkap dia.

Evakuasi sarang tawon, kata Joko, biasa dilakukan pada malam hari. Sebab saat malam semua tawon berkumpul di sarangnya. Pada siang hari dimanfaatkan petugas untuk mensurvei dahulu.

“Saat mengvakuasi sarang tawon para petugas menggunakan baju pelindung khusus. Demi meminimalkan potensi sengatan tawon. Secara perlahan petugas membakar sarang tawon kemudian dipadamkan dengan semprotan air jika perlu,” ujar dia.

Baca Juga: Bayangan Hitam Terekam CCTV di Wonogiri Bergerak Seperti Binatang

Di sisi lain, Damkar juga mengevakuasi ular di permukiman atau rumah warga. Dari awal tahun hingga sekarang sudah ada tujuh kali evakuasi penangkapan ular. Selain itu, damkar pernah menerima laporan kera masuk ke pemukiman. Namun mengevakuasi kera.

“Memang tugas sampingan damkar selain memadamkan air saat kebakaran lebih banyak. Untuk kejadian kebakaran dari awal tahun hinga saat ini ada 22 kejadian,” kata Joko.


Berita Terkait

Berita Terkini

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.

Korsleting, Rumah Warga Senden Klaten Kebakaran

Musibah kebakaran melanda rumah warga di Kundenrejo RT 012/RW 005, Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (23/10/2021) pagi.

BMKG Perkirakan Cuaca Buruk Landa Soloraya, Waspada Banjir & Longsor

BMKG memprediksi cuaca buruk landa Soloraya, warga diminta hindari kawasan rawan banjir dan longsor.

1 Meninggal Akibat Perkelahian 2 Sahabat, Pelaku Dikenal Jagoan Kampung

Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, yang tega membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, dikenal sebagai jagoan kampung.

Sempat Dicap Partai Sandal Jepit & Preman, Rudy: PDIP Sekarang Berubah

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengakui patainya sempat membuat warga takut dan dicap preman.

Asale Gudang Seng Giritirto Wonogiri, Dulu Pabrik Jamu

Warga Kabupaten Wonogiri sudah akrab dengan Gudang Seng di Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri.