SOLOPOS.COM - Gondola di Dukuh Girpasang, dukuh terpencil di Klaten, Jawa Tengah (Instagram/@merapi_news).

Solopos.com, KLATEN -- Berada di lereng Gunung Merapi, masyarakat yang ingin menikmati keindahan Dukuh Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah diharuskan menapaki 1.300 kaki anak tangga.

Karena membutuhkan ekstra tenaga untuk mencapai dukuh terpencil itu, masyarakat membuat gondola atau kereta gantung yang menghubungkan dua lembah di wilayah tersebut. Kini, gondola tersebut ramai diperbincangkan di media sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasien Sembuh dari Covid-19 di Sukoharjo Melonjak Jadi 60, Positif Sisa 14

Berdasarkan unggahan pengelola akun Instagram @merapi_news yang mendapat kiriman video dari pengguna akun Instagram @donyindrawan, gondola di Dukuh Girpasang, Klaten ini terlihat cukup sederhana.

Dalam video tersebut terlihat gondola itu sedang dinaiki oleh dua orang dengan tali pengaman pada dua sisi gondola. "Penyebrangan ke dusun Girpasang Tegalmulyo Kemalang Klaten," kata pengelola akun @merapi_news singkat.

Kasus Baru di Kazakhstan & Hongkong, WNI Positif Covid-19 di LN Meluas ke 41 Negara

Video gondola tersebut membuat netizen yang berkomentar mengaku merinding melihatnya. Seperti yang dirasakan oleh netizen pengguna akun @alfa_r.a dan @erlinknnew.

"Sumpah iki medeni hahaha," terang pengguna akun @alfa_r.a.

Dijaga Ribuan Polisi dan TNI, Sidang Sengketa PSHT di Madiun Steril dari Pengunjung

"Aku merinding min," tambah pengguna akun @erlinknnew.

Dikunjungi Bupati Klaten

Bupati Klaten Sri Mulyani ternyata juga pernah mengunjungi Girpasang ini awal 2019 lalu. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menggelar dialog dengan warga setempat.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani juga merespons harapan masyarakat yang menginginkan pembangunan jembatan gantung maupun permanen untuk menuju Girpasang oleh pemerintah.

Update Virus Corona Dunia: Lebih dari 8,4 Juta Orang Terinfeksi

Sri Mulyani mengatakan akan menindaklanjuti permintaan tersebut dengan koordinasi lebih lanjut dengan Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya, pembangunan jembatan di Girpasang juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sebagai informasi, Girpasang merupakan dukuh terpencil di lereng Merapi yang hanya dihuni 12 kepala keluarga. Bahkan, dukuh ini hanya berjarak lima meter saja dari puncak Merapi.

Hadapi New Normal, The Sunan Hotel Solo Bikin Pelatihan Bareng RS JIH

Alhasil, pemandangan di Dukuh Girpasang tak diragukan lagi. Bahkan, dukuh ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di lereng Merapi.

 

View this post on Instagram

 

Penyebrangan ke dusun GIRPASANG Tegal Mulyo Kemalang Klaten Video by: @donyindrawan_ . . #merapinews #merapi

A post shared by merapi_news (@merapi_news) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya