SOLOPOS.COM - Planet Jupiter. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Planet Jupiter yang dianggap sebagai pelindung Bumi justru membahayakan. Hasil penelitian terbaru mengklaim di sisi lain planet Jupiter membahayakan Bumi dengan melemparkan asteroid serta komet.

Ahli fisika yang pernah bekerja di NASA, Kevin Grazier, sampai saat ini terus meneliti gravitasi Jupiter menangkis atau menelan komet serta asteroid agar menjatuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi, simulasinya justru menunjukkan Jupiter melemparkan benda langit tersebut ke Bumi. Jadi, menurut Kevin Grazier, Jupiter bukanlah perisai, melainkan penembak Bumi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Simulasi kami menunjukkan bahwa Jupiter cenderung mengirim komet ke Bumi di samping menjauhkannya,” terang Kevin Grazier seperti dikutip dari Fox News, Senin (13/1/2020).

Dengan demikian, Jupiter berperan melindungi sekaligus membahayakan Bumi. Oleh sebab itu, keberadaan Jupiter wajib diwaspadai. Apalagi jika sampai melemparkan asteroid ke Bumi yang bakal merusak.

“Ada ratusan objek dekat Bumi yang berpotensi membahayakan. Saya pikir mulai sekarang kita harus banyak memberi perhatian tentang apa yang ada di sekitar Jupiter.

Kevin Grazier menambahkan, Jupiter melemparkan benda luar angkasa yang masuk ke orbitnya yang mengancam Bumi. Tetapi, di sisi lain astronom dari University of Southern Queensland, Australia, Jonti Horner, mengatakan, Jupiter bisa berperan sebagai perisai lantaran menjauhkan benda asing dari Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya