SOLOPOS.COM - Kondisi sedan yang habis terbakar dalam kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)

 Solopos.com, BOYOLALI -- Kecelakaan beruntun terjadi di ruas tol Solo - Semarang, di perbatasan Colomadu - Boyolali, KM 485, Selasa (8/9/2020) malam. Saksi menyebut dua orang meninggal dunia dalam insiden tersebut. Kecelakaan juga mengakibatkan sebuah sedan terbakar. Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali, Ipda Utomo, mengatakan kecelakaan beruntun itu melibatkan empat kendaraan.

CRV Ringsek & Sedan Habis Terbakar, Begini Kronologi Kecelakaan di Tol Solo-Semarang

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pada hari ini, Selasa [8/9/2020] sekitar pukul 20.15 WIB, telah terjadi kecelakaan beruntun tepatnya di KM 485, Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Boyolali, di jalur Solo ke Semarang atau jalur A,” kata Utomo kepada Solopos.com di lokasi kejadian.

Ekspedisi Mudik 2024

Utomo menjelaskan insiden itu bermula saat sebuah mobil sedan yang melaju di lajur kiri menabrak sebuah truk berpelat nomor B 9973 ON di depannya. Sedan itu terguling kemudian menghantam mobil Hiace berpelat nomor L 7940 UA di lajur kanan.

Setelah menghantam Hiace, sedan itu terbakar. Kemudian di belakang sedan ada sebuah mobil Honda CRV warna putih berpelat nomor L 1225 I yang menabrak truk dari belakang. Bagian depan mobil CRV itu bahkan nyungsep di bawah bak truk tersebut. “Setelah kami evakuasi ada dua korban yang tidak sadarkan diri dari CRV paling belakang. Masih kita bawa ke RSUD Pandan Arang Boyolali,” ujar Utomo.

Polisi belum memastikan kondisi kedua korban tersebut. Meski demikian, para saksi mata menyebut kedua korban sudah meninggal dunia di lokasi kejadian. “Korban dua. Sedangkan dari Hiace ada 6 penumpang, selamat semua,” lanjut Utomo. Sementara itu, pengemudi sedan yang terbakar dibawa ke RS Hidayah Boyolali. Dia dikabarkan sempat keluar dari mobil. Sementara itu, sopir truk dan rekannya tidak mengalami luka.

4 Kendaraan Kecelakaan Parah di Tol Solo - Boyolali, Satu Mobil Terbakar

Arus Dialihkan

Dugaan sementara polisi, pengemudi sedan tidak mengantisipasi situasi sehingga menabrak truk di depannya. Begitu pula pengemudi CRV di belakangnya. Menurut Utomo, arus lalu lintas saat itu sempat dialihkan ke Gerbang Tol Colomadu saat evakuasi. Namun sekitar pukul 22.40 WIB, arus lalu lintas menuju Semarang sudah bisa dilalui kendaraan.

Mobil sedan yang hangus terbakar usai peristiwa kecelakan di perbatasan Colomadu-Boyolali, KM 485, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa/Warga Banyudono Boyolali/Taufik Irvani) kecelakaan tol boyolali
Mobil sedan yang hangus terbakar usai peristiwa kecelakaan di tol perbatasan Colomadu-Boyolali, KM 485, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa/Warga Banyudono Boyolali/Taufik Irvani)

Pengakuan Sopir Truk

Sopir truk, Ahmad Fitroh, 35, yang sedang dalam perjalanan menuju Tangerang, mengaku baru menyadari truknya ditabrak saat sedan tersebut terguling dan terbakar. Padahal saat itu truknya hanya melaju dengan kecepatan 40 km/jam.

“[Sedan] Yang terbakar itu nyalip mobil saya. Dia buang ke kanan, dihantam travel [Hiace], lalu guling-guling terbakar. Saya ngedapatin mobil yang terbakar itu, daripada ikut terbakar saya ke kanan lagi, maju ke depan baru menepi,” kata Fitroh kepada Solopos.com di lokasi itu.

Kondisi setelah kecelakaa di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi setelah kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)

Dia melihat ada anak kecil yang keluar dari sedan yang terbakar. Namun dia tidak tahu kondisi penumpang lain dalam sedan itu. Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Boyolali, Dono Rumekso, juga mengonfirmasi laporan kecelakaan tol.

"Iya ada informasi kecelakaan di tol. Sudah ada satu KBM [armada] menuju lokasi. Laporan belum masuk, kami baru memantau. Saya dapat informasi ada KBM ke arah timur. Saya cek, dari pos induk memberikan informasi ada kebakaran kendaraan di tol perbatasan Boyolali-Colomadu. Namun untuk info pastinya belum bisa dilaporkan,” kata dia.

Mewakili Kapolres Boyolali, Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Dwi Panji Lestari, juga mengonfirmasi kecelakaan di ruas tol KM 485. Namun secara rinci pihaknya belum bisa menyampaikan. ”Kami belum bisa menyampaikan info secara detail. Saat ini anggota kami masih berada di lokasi. Kalau laporan dari tol memang ada kecelakaan. Masuknya perbatasan, di KM 485,” terang dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa malam.

Foto-Foto

Kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi Honda CRV yang terlibat kecelakaan tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi Honda CRV yang terlibat kecelakaan  tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi mobil sedan yang terlibat kecelakaan tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)
Kondisi mobil CRV yang terlibat kecelakaan tol Boyolali, Selasa (8/9/2020) malam. (Istimewa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya