Ngeri! 2 Tahun Ada 18 Orang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Sebagian besar korban terkena jebakan tikus yang dipasangnya sendiri di sawahnya sedangkan sebagian lainnya tersetrum perangkap tikus yang dipasang orang lain.

 Tim gabungan memeriksa jenazah petani korban jebakan tikus di Dukuh Ngaringrejo, Desa Newung, Sukodono, Sragen, Kamis (22/4/2021). (Istimewa-BPBD Sragen)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan memeriksa jenazah petani korban jebakan tikus di Dukuh Ngaringrejo, Desa Newung, Sukodono, Sragen, Kamis (22/4/2021). (Istimewa-BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen. Kali terakhir, Sukimin, 58, warga Dukuh Cumpleng, RT 03/RW 015, Desa Tangkil, Sragen, ditemukan tak bernyawa di sawah miliknya, Kamis (29/7/2021) malam.

Sukimin merupakan korban meninggal dunia ke-18 akibat jebakan tikus di Sragen sejak Juli 2019 atau tepat dua tahun silam. Dalam catatan Solopos.com, sebagian besar perangkap tikus itu dipasang sendiri oleh korban di sawahnya sendiri. Sebagian lainnya perangkap tikus itu dipasang oleh orang lain.

Berikut daftar 18 warga Sragen menjadi korban jebakan tikus sejak Juli 2019 hingga Juli 2021 berdasarkan catatan Solopos.com:

1. Kamis (29/7/2021)

Korban jebakan tikus yang teraliri listrik di Kabupaten Sragen terus berjatuhan. Terakhir, Sukimin, 58, warga Dukuh Cumpleng, RT 03/RW 015, Desa Tangkil, Sragen, ditemukan tak bernyawa di sawah miliknya, Kamis (29/7/2021) malam. Sukimin merupakan korban meninggal dunia akibat jebakan tikus yang ia pasang sendiri.

2. Kamis (13/5/2021)

Iwan Supardi, 62, petani asal Dukuh Ngampunan, RT 22, Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, yang ditemukan meninggal dunia di sawahnya seusai ia melaksanakan ibadah Salat Id.

Baca juga: Kawasan Perekonomian Baru di Sragen Bakal Seperti Solo Baru?

3. Kamis (22/4/2021)

Suyadi Siswanto, petani asal Dukuh Ngaringrejo RT 022, Desa Newung, Sukodono, Sragen, Suyadi Siswanto, 60, ditemukan meninggal dunia dalam kondisi tergeletak di pematang sawah. Saat hendak mencabuti rumput di sawah, tanpa sengaja ia memegangi kawat beraliran listrik yang digunakan sebagai jebakan tikus. Korban tersetrum dan akhirnya meninggal dunia.

4. Rabu (14/4/2021)

Kemis, 80, petani asal Dukuh Karangpelem, Desa Karanganom, Sukodono, Sragen, ditemukan meninggal dunia di area persawahan di desa setempat. Keluarga korban sempat curiga Kemis tak pulang ke rumah menjelang buka puasa. Keluarga kemudian mencari ke sawah dan menemukan tubuh korban dalam kondisi tengkurap tidak bernyawa. Korban mengalami luka bakar akibat sengatan listrik.

5. Sabtu (10/4/2021)

Cipto Purnomo, 56, perangkat desa asal Dukuh Sadang RT 002, Desa Kecik, Tanon, Sragen, meninggal dunia akibat tersetrum jebakan tikus yang dipasangnya sendiri. Peristiwa itu terjadi di sawah milik korban di Dukuh Kaping RT 032, Kecik, Tanon, Sragen, sekitar pukul 17.00 WIB. Ia sempat dievakuasi warga ke klinik terdekat, namun nyawanya tidak terselamatkan.

Baca juga: Senjata Makan Tuan, Warga Tangkil Sragen Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sawahnya

6. Sabtu (6/3/2021)

Sunardi, 60, petani asal Dukuh Gabus Wetan RT 005, Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Sragen, meninggal dunia di lokasi persemaian bibit padi di sawahnya. Jenazah Sunardi ditemukan warga setempat sekitar pukul 08.30 WIB. Tubuhnya mengalami luka bakar akibat sengatan listrik dari jebakan tikus yang ia pasang sendiri.

7. Rabu (4/11/2020)

Jamino, 58, petani di Desa Jatitengah, Sukodono, Sragen, ditemukan terbujur kaku di pematang dan sawah milik tetangganya, Pariman, 59, asal Lemahireng RT 5, Jatitengah, Sukodono, Sragen.

8. Senin (2/11/2020)

Suyadi, 58, petani asal Dukuh Tanjang RT 21, Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen, juga ditemukan tewas kesetrum di sawahnya.

9. Kamis (10/9/2020)

Supomo, perangkat desa asal Dukuh Kranggan, RT 21, Desa Pengkol, Kecamatan Tanon, Sragen, ditemukan meninggal dunia akibat tersetrum jebakan tikus yang ia pasang sendiri di area persawahan miliknya.

Baca juga: 2.077 UMKM Sragen Diusulkan Dapat BPUM 2021 Senilai Rp1,2 Juta

10. Kamis (13/8/2020)

Karno Purnomo, petani asal Dukuh Celep, Desa Gringging, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, ditemukan meninggal dunia di sawahnya karena jebakan tikus.

11. Selasa (28/7/2020)

Prapto Wiyono alias No Banjir, petani asal Dukuh Bulakrejo RT 28/1, Duyungan, Sidoharjo, Sragen, ditemukan meninggal dunia dengan luka bakar serius karena sengatan listrik di sawahnya sendiri.

12. Kamis (23/7/2020)

Citro Dikromo, warga Gonggangan RT 26, Desa Bendo Kecamatan Sukodono meninggal dunia karena jebakan tikus yang ia pasang sendiri.

13. Jumat (8/5/2020)

Atun Suryanto, buruh tani asal Kampung Sine RT 1/4, Kelurahan Sine, Sragen ditemukan tewas setelah tersetrum jebakan tikus di sawahnya di Kampung Klumutan Sine, Jumat pagi.

Baca juga: Sedih, Bocah 11 Tahun di Sragen Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

14. Jumat (2/5/2020)

Nilam, buruh tani asal Dukuh Donorojo RT 12, Gabus, Ngrampal Sragen, ditemukan tak bernyawa seusai terkena jebakan tikus bermuatan listrik. Jasad Nilam ditemukan tergeletak di pematang sawah milik tetangganya, Sugiyo.

15. Selasa (28/4/2020)

Yanto, buruh tani asal Dukuh Ngrampal, RT 29, Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, ditemukan meninggal dunia di area persawahan di Dukuh Bugel, Desa Kebonromo, Ngrampal, Sragen. Jasadnya ditemukan terlungkup di tepi sawah majikannya dengan luka bakar serius di kaki.

16. Senin (17/2/2020)

Jebakan tikus di area persawahan Siwalan, Ngrampal, Sragen, merenggut nyawa Andi Nugroho, warga Madiun, Jatim. Ia ditemukan dengan kondisi kaki melepuh dan luka bakar. Dia sempat menjalani perawatan beberapa hari di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

17. Jumat (15/11/2019)

Suparti, seorang nenek berusia 75 tahun asal Dukuh Kwayon, Jambanan, Sidoharjo, Sragen, meninggal dunia karena jebakan tikus di area persawahan milik warga lain di Dukuh Sembungan, Jambanan, Sidoharjo.

18. Rabu (24/7/2019)

Purno Diharjo, petani asal Dukuh Jipangan RT 9, Desa Jambanan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen ditemukan meninggal dunia karena tersengat listrik. Saat itu korban bermaksud memasang perangkat jebakan tikus itu.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Dapat Bantuan Alsintan, Gapoktan di Wonogiri Bisa Hemat Biaya Pengeluaran 30%

Dana bantuan alsintan berasal dari APBN, APBD provinsi, dana insentif daerah (DID), dan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

PTM SMA/SMK di Solo Bisa Lanjut Pekan Depan, Ini Syaratnya

PTM terbatas sejumlah SMA/SMK di Kota Solo tersebut bisa saja dilanjutkan karena situasi Covid-19 yang dinilai kian membaik.

Pemdes Gempol Klaten Larang Warga Selfie dan Nongkrong di Jalan Ini, Kenapa Sih?

Papan larangan di Gempol Klaten itu bertuliskan Disepanjang Jalan Ini Dilarang Nongkrong, Selfie, dan Hal-Hal yang Negatif. 

UPK DAPM Kedawung Sragen Bagi-Bagi Sembako Senilai Total Rp70 Juta

Warga yang mendapat bantuan sembako itu merupakan nasabah simpan pinjam perempuan (SPP) sekaligus anggota kelompok binaan dari UPK DAPM Kedawung.

Waduh, Ada 1.000 Pengajuan Cerai Masuk ke PA Karanganyar

Dari seluruh aduan yang masuk ke PA Karanganyar, pengajuan perceraian mendominasi dibandingkan dispensasi pernikahan.

SKK Migas dan Pemkot Solo Sepakati Kerja Sama Pengembangan Pendidikan dan Riset

SKK Migas mengajak Solo Technopark bekerja sama dengan mempertimbangkan potensial yang ada untuk membangun kapasitas nasional.

Muhammad Rohani Gantikan Muh. Abdullah sebagai Anggota KPU Boyolali

Muh. Abdullah, yang dinilai telah melanggar kode etik setelah terlibat perkara kesusilaan.

Terowongan Gunung Pegat, Kokoh Berdiri Meski Berumur Hampir Seabad

Dari dalam terowongan disebut-sebut kerap mengeluarkan gas beracun serta pernah ada yang meninggal dunia

Buang Limbah Ciu Sukoharjo ke Anak Sungai Bengawan Solo, Pelaku Beralasan Hemat Biaya

Pelaku pembuangan limbah ciu ke anak Sungai Bengawan Solo di wilayah Sukoharjo mengaku buang limbah ke sungai karena lebih hemat biaya.

Konflik Internal Persis Solo, Michele Kuhnle Akhirnya Meminta Maaf

Mantan Humas Persis Solo Michelle Kuhnle melalui ibundanya menyampaikan permintaan maaf kepada manajemen PT PSS pimpinan Kaesang Pangarep.

Catat! 2.569 Pekerja di Solo Terdampak Covid-19

Sebanyak 2.569 di antaranya terdampak Covid-19, dengan perincian 2.460 dirumahkan dan sisanya mengalami PHK.

Masih Ada 1 Kasus Positif, Satgas Covid-19 Juwiring Klaten Belum Izinkan Pemancingan Buka

Satgas Covid-19 Kecamatan Juwiring, Klaten, belum mengizinkan tempat wisata pemancingan buka karena masih ada kasus positif yang belum sembuh.

Gelontor 25.000 Dosis, Menhub Berharap Bisa Bantu Atasi Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 Soloraya

Kementerian Perhubungan menggelontorkan 25.000 dosis vaksin Covid-19 untuk wilayah Soloraya salah satunya ke Boyolali.

Terungkap! Begini Alur Pembuangan Limbah Ciu yang Cemari Sungai Bengawan Solo

Dua pelaku yang tertangkap polisi Sukoharjo di Polokarto memeragakan alur pembuangan limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo.

Wow, Atlet Judo Wonogiri Tak Pernah Gagal Tembus PON Sejak 1989

Sejak 1989, Wonogiri belum pernah absen mengirim atlet judo ke ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON, termasuk tahun ini di Papua.

Pemkot Solo Perluas Sasaran Vaksinasi Covid-19, Warga KTP Luar Kota Boleh Mengakses

Pemkot Solo memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada warga ber-KTP luar Solo yang berdomisili di Kota Bengawan.