SOLOPOS.COM - Kereta Rel Listrik (KRL) melintasi rel listrik di bawah overpass Jl. D.I Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, saat uji coba dari Stasiun Palur menuju Stasiun Solo Balapan, Rabu (6/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sejak KRL Solo-Jogja berorepasi, terjadi peningkatan trafik data sebesar 78% di sepanjang jalur yang menghubungkan dua kota kembar tersebut. Guna menambah kualitas layanan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkatkan kualitas jaringan di jalur terebut.

Hal itu dilakukan untuk menunjang kepuasan pelanggan XL, khususnya yang menggunakan moda traansportasi KRL Solo-Jogja. Lebih dari 220 Base Transceiver Station (BTS) 4G saat ini dioperasikan untuk menopang kualitas jaringan di sepanjang jalur untuk menghadirkan layanan internet cepat demi kelancaran komunikasi pengguna.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini sekaligus sebagai upata mewujudkan misi XL Axiata sebagai operator konvergensi terdepan menghadirkan layanan (#1 Converged Operator) di Indonesia.

“Secara umum, kawasan aglomerasi Yogyakarta hingga Soloraya menjadi perhatian utama XL Axiata. Mengingat pertumbuhan traffik yang cukup tinggi. Sejak KRL Yogyakarta-Solo beroparasi, terjadi peningkatan trafik data sebesar 78% di sepanjang jalur kereta yang menghubungkan dua kota tersebut. Mobilitas masyarakat di kawasan ini mengalami peningkatan dengan layanan KRL,” kata Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (29/6/2022).

Menurut Bambang, jaringan internet cepat dari XL Axiata tersedia di sepanjang jalur KRL Yogyakarta – Solo, termasuk 11 stasiun yang melayani penumpang KRL, yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Baca juga: Axiata dan XL Axiata Selesaikan Akuisisi 66,03 Persen Saham Link Net

Guna menjaga kualitas layanan, berbagai upaya terus dilakukan. Yakni ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan through put, hingga perbaikan latency.

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS, termasuk yang menopang jalur KRL. Fiberisasi bertujuan meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat, dan stabil.

“Sekarang, jika kita naik KRL atau kereta apa saja di jalur Yogyakarta – Solo, pasti kualitas jaringannya bagus. Buka internet akan lancar dan stabil. Bahkan sejak belum ada KRL, jalur ini sudah menjadi prioritas XL Axiata. Jalur Yogyakarta – Solo adalah jalur yang sangat sibuk, bahkan hidup selama 24 jam yang menjadi bagian dari jalur utama Jawa bagian selatan. Mobilitas masyarakat tinggi, maka di situ jadi perhtian XL Axiata untuk menyediakan jaringan yang mumpuni,” sambung Bambang.

Baca juga: Belum Ada Kamera CCTV di KRL Solo-Jogja, Bagaimana Jika Ada Pelecehan?

Menopang Pariwisata

Peningkatan jaringan 4G terus dilakukan, mengingat kebutuhan layanan daya berkualitas juga terus meningkat di kawasan aglomerasi Solo-Jogja. Upgrade kapasitas jaringan 4G terus dilakukan, khususnya di area padat penduduk.

Perluasan jangkauan jaringan internet terus dilakukan XL Axiata di kawasan Solo-Jogja agar bisa menjangkau seluruh wilayah. Pasalnya, aglomerasi Solo-Jogja dikenal sebagai kawasan wisata, ekonomi, dan olahraga yang terus berkembang.

Baca juga: XL Axiata Dan Vidio Lakukan Strategic Partnership, Ini Produknya

Selain di sepanjang jalur KRL, XL Axiata juga memastikan layanan internet yang terdapat di beberapa destinasi wisata di kawasan ini seperti Malioboro, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Kraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, hingga Kampung Batik Laweyan terjaga kualitasnya.

Dengan total lebihdari 1.200 BTS di seluruh wilayah Yogyakarta, Sleman, Surakarta, Sukoharjo, hinggaKlaten, XL Axiata telah melayani lebih dari 900.000 pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Sleman dengan total lebih dari 320.000 pelanggan, menyusul Sukoharjo dengan 193.000 pelanggan, serta Klaten sekitar 168.000 pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya