SOLOPOS.COM - Petugas Technical Support Wireless Citranet sedang mengeset menara saluran utama untuk penyiaran wireless di Pedukuhan Kwagon, Sidorejo, Godean, Sleman, Rabu (9/11/2016). (Foto Istimewa-Citranet)

Ngayogjazz 2016 akan disiarkan langsung melalui lilve streaming

Harianjogja.com, SLEMAN—Perhelatan musik “jazz ndeso” Ngayogjazz 2016 yang akan digelar di Padukuhan Kwagon, Sidorejo, Godean, Sleman, pada Sabtu (19/11/2016) mendatang, akan disiarkan secara live streaming. Siaran langsung itu akan mencakup lima panggung yang berbeda.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Siaran langsung perlu diadakan karena penggemar musik jazz, khususnya mereka yang berhalangan hadir di lokasi, tetap bisa menikmati kemeriahan pertunjukan,” kata Tea Qaula Ferbia, staf tim Technical Support Wireless Citranet, Rabu (9/11/2016).

Perusahaan IT yang dipercaya menyediakan live streaming untuk mendukung acara Ngayogjazz itu, sejak Senin (7/11/2016), telah menggelar jaringan kabel optik di padukuhan yang terkenal sebagai sentra genteng tersebut. Jaringan kabel ratusan meter pun harus dipasang sebagai penghubung di lima panggung yang tersebar di lima titik berbeda. Sebagai backhaul– saluran utamanya didirikan sebuah menara.

Tea mengatakan, dibandingkan dengan lokasi penyelenggaraan Ngayogjazz 2015 di Desa Pandowoharjo, Sleman, tempat penyelenggaraan Ngayogjazz tahun ini medannya tergolong lebih sulit.

“Daerah yang dipilih untuk penempatan panggung tidak rata. Sehingga untuk arah link wireless juga menjadi lebih susah karena posisi di bagian barat dan utara tertutup bukit dan pepohonan. Gampang-gampang susah,” katanya.

Selain itu, jarak antar panggung yang relatif jauh menghambat proses persebaran fiber optic (FO). Tim akhirnya menggunakan banyaknya pohon sebagai jalur distribusi FO.
Tea menambahkan proses persiapan sampai pelaksanaan membutuhkan waktu satu pekan.

Hasil kerja tim Citranet, Mikrotik Indonesia, dan Citraweb Nusa Infomedia itu, nantinya bisa dinikmati dalam bentuk audio dan video. “Khusus siaran video dari panggung utama,” kata Valens Riyadi, Pimpinan Citraweb Group. Untuk bisa mengaksesnya para pecinta Ngayogjazz cukup klik www.jogjastreamers.com. Di sana sudah ada lima kanal khusus Ngayogjazz 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya