Netizen Ungkap Kejanggalan Tiket Pesawat Rizieq Shihab

Netizen Ungkap Kejanggalan Tiket Pesawat Rizieq Shihab

SOLOPOS.COM - Jadwal Saudi Arabian Airlines pada 20 Februari 2018. (www.bookonline.saudiairlines.com)

Gambar tiket pesawat Rizieq Shihab pada 20 Februari 2018 dinilai janggal.

Solopos.com, SOLO -- Gambar tiket pesawat kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia pada 21 Februari 2018 yang beredar di media sosial disebut-sebut sebagai hoax. Selain tidak adanya informasi yang diterima kepolisian, ada kejanggalan yang ditemukan netizen dalam gambar itu.

Dalam gambar tiket itu, tertulis nama MOHAMAD/RIZIEQ SHYHAB MR yang dijadwalkan naik pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 816. Pesawat disebut akan berangkat pada 20 Februari dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada 21 Februari 2018 dengan durasi 9 jam penerbangan.

Namun, data jadwal penerbangan Saudi Arabian Airlines dari Jeddah ke Jakarta pada 20 Februari 2018 menunjukkan hal berbeda. Penelusuran Solopos.com melalui situs www.bookonline.saudiairlines.com, rute dari Jeddah ke Jakarta pada hari itu hanya dilayani dua pesawat, yaitu dengan nomor penerbangan SV1044 dan SV822.

Selain itu, durasi penerbangan dari Jeddah ke Jakarta dalam situs tersebut mencapai 15 jam. Hal ini berbeda dengan yang tercantum dalam gambar tiket yang menyebutkan durasi penerbangan hanya 9 jam.

Gambar tiket pulang Rizieq Shihab yang beredar di media sosial. (Twitter/@Dyandhira17)
Gambar tiket pulang Rizieq Shihab yang beredar di media sosial. (Twitter/@Dyandhira17)

Di Twitter, sejumlah akun mempertanyakan kebenaran tiket itu. Akun @makLambeTurah misalnya mengklaim bahwa nama yang tercantum di tiket itu seharusnya bukan Rizieq Shihab. "Gue mah ga percaya ini secara nama nya di KTP kan Alsyarief Ali, bisa2nya disitu rizieq shihab...setahu gue sih nama KTP itu yg dipake," kicau akun itu, Jumat (16/2/2018).

Akun @ProfYLH juga menyebutkan hal serupa. "Benar Telah Diberitakan Pula @RizieqSyihabFPI Tak Jadi Pulang ke Mabes FPI Tanggal 21 Februari 2018," kicau akun itu sambil menyertakan link sebuah berita dari media online.

Sebelumnya, dilansir Suara.com, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo mengatakan polisi belum belum mendapatkan informasi terkait kepulangan Rizieq ke Indonesia. "Polri belum dapat informasi soal kepulangan dari Habib Rizieq ya," kata Argo, Jumat (16/2/2018).

Karena belum didapatkan informasi soal kepulangan Rizieq, Argo menganggap foto tiket pesawat itu cenderung sebagai berita bohong alias hoax. "Ya [hoax], polisi belum ada [info] kepastian soal kepulangan [Rizieq]," kata Argo.

Sebaliknya, Hubungan Masyarakat Persaudaraan Alumni 212 yang juga petinggi FPI, Novel Bamukmin, mengonfirmasi foto e-ticket kepulangan Rizieq itu. "Iya, itu tiket kepulangan Habib [Rizieq], Insya Allah pulang beliau," kata Novel kepada Suara.com.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.

Dishub Semarang Catat 8 Titik Kemacetan Jelang Lebaran

Larangan mudik tak menyebabkan Semarang bebas macet, bahkan Dishub Kota Semarang mendeteksi adanya delapan titik kemacetan di kota ini.