Mobil pikap terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali. (Antara - Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO – Mobil pikap Esemka Bima sudah bisa dipesan. PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) melakukan uji pasar untuk dua tipe kendaraan, pikap Bima 1.2 dan Bima 1.3. SMK menyebut bakal memasarkan mobil ini dengan dua skema harga.

Kedua skema harga tersebut menggunakan sistem garansi setahun untuk mobil tanpa AC dan lima tahun khusus pikap Bima ber-AC. Sayangnya, belum diketahui pasti harga pikap Bima yang ditawarkan ke konsumen.

Meski demikian, netizen menyambut gembira uji pasar pikap Bima Esemka. Maklum saja, selama ini mobil produksi pabrik Esemka telah lama dinanti masyarakat. Dukungan terhadap uji pasar mobil Esemka disambut baik netizen yang disampaikan lewat kolom komentar akun Instagram seputar informasi Kota Solo, @jelajahsolo, Selasa (23/4/2019).

"Mantap. Ditunggu mobil nasional," komentar @christaedo.

"Kalau lebih murah daripada pikap lainnya mau pesan. Kisaran harganya berapa ya?" tanya @aselfic99.

"Mobilnya sudah ada dari dulu pas pabriknya belum jadi dan belum punya karyawan. Kok enggak dijual dari dulu ya?" imbuh @solehmahfud.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, PT SMK melakukan pre-order untuk dua tipe kendaraan, yakni Bima 1.2 [pikap 1.243 cc] dan Bima 1.3 [1.298 cc]. SMK mengklaim tingkat kandungan dalam negeri telah mencapai 60% hingga 65%.

Kendati baru membuka keran pemesanan untuk dua model pikap, sejatinya SMK telah lolos uji tipe di Kementerian Perhubungan untuk delapan model kendaraan. Uji tipe menjadi salah satu syarat mutlak sebelum kendaraan diproduksi masal.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani mengatakan, terdapat delapan tipe mobil Esemka yang telah mengantongi sertifikat uji tipe yang terdiri dari model kendaraan penumpang dan niaga ringan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten