Netizen Miris, Bocah Lebih Kenal Influencers Dibanding Tokoh Bangsa
Social experiment uji pengetahuan anak jaman now tentang tokoh bangsa Indonesia dan influencers Indonesia bikin miris netizen, Kamis (22/10/2020). (Tiktok-@iben_ma)

Solopos.com, JAKARTA — Video social experiment uji pengetahuan anak jaman now tentang para tokoh bangsa Indonesia dan influencers Indonesia yang diunggah di Tiktok viral. Video reaksi bocah yang direkam pria bernama Benjamin Master Adhisurya itu membuat netizen miris melihatnya.

Video yang terbagi dalam tiga bagian itu mulanya diunggah Benjamin di akun Tiktok-nya @iben_ma pada rentang waktu berbeda-beda. Pada video pertamanya yang di-posting Sabtu (10/10/2020), ia menanyakan beberapa pertanyaan simple mengenai beberapa tokoh bangsa dan influencers Indonesia.

Dalam video reaksi itu terlihat seorang bocah yang disodori foto seorang influencer. Dengan sigap, bocah itu menyebut nama influencer tersebut adalah Awkarin.

Ini Bedanya Susu UHT dan Susu Segar bagi Kesehatan...

Namun, saat diperlihatkan foto Presiden Ke-4 K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, anak itu tampak kebingungan dan mengaku tak mengetahuinya.

Bocah itu malah mengira Gus Dur sebagai salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Itu DPR ya? Lupa, pokoknya sejarahlah,” ujar salah satu bocah dalam video itu.

Di video reaksi lainnya, ada bocah yang lebih mengenal Youtuber Atta Halilintar daripada mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Bahkan, yang paling mengejutkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini malah dikira tokoh emansipasi wanita, RA Kartini.

Aktris Kim Sae-ron Mundur dari Drama Dear M, Ada Konflik?

Semua bocah yang ditanyai Benjamin tidak ada satupun yang mengetahui nama tokoh-tokoh sejarah tadi. Sebaliknya, mereka justru mengetahui nama para influencers atau artis di Indonesia.

Alhasil rekaman reaksi bocah-bocah itu pun viral di beberapa plaform media sosial layaknya Tiktok, Instagram, dan Twitter. Bahkan, di akun Tiktok-nya, video reaksi itu telah ditonton 3.5 juta pengguna Tiktok dan menjadi video paling banyak dilihat di akun tersebut.

“Jadi minggu ini gua melakukan social experiment lagi. Kali ini terkait dengan Influencer. Apakah benar Influencer lebih terkenal dibanding tokoh-tokoh penting Indonesia?” tulis Benjamin di caption video Instagram @@iben_ma, dilansir, Sabtu (24/10/2020).

Secret Number Comeback 4 November, Apa Persiapan Vine?

Netizen pun langsung membanjiri kolom komentar unggahan tersebut baik di Tiktok maupun Instagram-nya. Sebagian dari netizen itu mengaku miris melihat reaksi dari bocah itu.

Bikin Miris

“Setelah melihat video ini gua cmn bisa bilang 1 kata miris,” komentar pengguna Tiktok @cobaindoank.

“Rusak anak kecil sekarang ngga tau sejarah cuma ngerti main hp game yt [Youtube] tiktok, lahir dari manusia dibesarkan sosial media,” tulis pengguna Tiktok @Ganang HM.

“Gusdur yg ingin membubarkan DPR menangis melihat ini,” ujar pengguna Tiktok @rzah0.

Idap Anxiety, Jeongyeon Twice Hiatus

Selain merasa miris dengan reaksi para bocah itu, netizen yang melihat konten itu pun menyadari bahwa pengaruh seorang influencers memang sangat besar. Karena itulah mereka berharap akan ada banyak konten edukasi di masa depan, khususnya sejarah. Hal ini dimaksudkan agar buta sejarah di Indonesia tak terjadi.

Influencers pengaruhnya gedhe banget. Kalau salah satu konten mereka tentang sejarah/pendidikan mungkin bisa sedikit mengedukasi,” ungkap pengguna Tiktok @Janna Muhamidin.

Drisni mngkin sejarah hrus lbih di buat menarik agar bisa di kenal di media sosial, dn mnjadi kesukaan anak anak, agar bisa balance sejarah dn hburan,” kata pengguna Tiktok @Inisial 'M'.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom