Netizen Indonesia Heran Lihat Youtuber China Ini Fasih Berbahasa Arab
Youtuber asal Hong Kong yang sekolah di china, Ms V, membagikan kisahnya belajar bahasa Arab. (Istimewa/Youtube/Ms V)

Solopos.com, SOLO — Video wanita China fasih berbahasa Arab ramai menjadi perbincangan di Twitter. Wanita cantik itu membahas sejumlah topik tentang pembelajaran bahasa Arab, termasuk kesulitas yang dihadapi orang yang terbiasa memakai bahas Mandarin untuk menggunakan bahasa Arab dengan fasih.

Viral Baju Adat China di Uang Rp75.000 Ternyata Pakaian Suku Tidung, BI: Asli Indonesia!

Video viral itu diunggah oleh akun twitter @NUgarislucu. Video tersebut merupakan rekaman yang diambil dari channel Youtube Ms V. Wanita ini adalah seorang vlogger yang kerap membagikan konten berbahasa Arab di channel Youtubenya.

Dalam rekaman video itu, wanita asal Hong Kong ini menuturkan bahwa bahasa Arab sudah populer di negara China. Kemudian ia membahas tentang hal-hal yang menarik saat ia belajar bahasa Arab.

Problem Belajar Bahasa Arab

Bagi orang orang China, problem pertama dalam belajar Bahasa arab ada pada pelafalannya. Banyak bentuk-bentuk pelafalan bahasa Arab yang tidak ada dalam bahasa Mandarin yang biasa dipakai di China.

Coba Jilbab yang Akan Diberi ke Pacar, Aksi Gokil Cowok Ini Viral

Khususnya seperti pada huruf-huruf halqiyah atau huruf yang keluar dari tenggorokan. Menurutnya, beberapa huruf bahasa Arab memilki kemiripan dalam pelafalannya. Wanita itu juga mengaku, ia butuh menghabiskan banyak waktu untuk bisa mengidentifikasikan huruf dalam sebuah kalimat. Ia juga sering tercampur campur dalam pengucapannya.

Permasalahan terbesar saat belajar bahasa Arab adalah saat melafalkan huruf ra. Karena mayoritas orang Cina tidak bisa melafalkan huruf R dan pada dasarnya dalam bahasa Mandarin tidak ada pelafalan yang sepadan dengan huruf R.

Kelas Online Disingkat Kelon, Chat Siswa Dengan Guru Viral

Wanita ini juga bercerita, mahasiswa Bahasa Arab di China, berlatih mengucapkan lafal ra dengan cara meniup kertas, berkumur kumur, dan berucap dalam mimpi. Setelah setengah atau setahun belajar, teman temannya sudah bisa melafalkan ra dengan benar.

Direspons Netizen

Setelah itu para mahasiswa kelas Bahasa Arab di China akan menghafalkan kaidah tes yang sangat sulit. Tes itu meliputi kaidah nahwu, dan tasrif dari fi’il.

Fi’il adalah istilah kata kerja dalam bahasa Arab. Sedangkan tasrif adalah ilmu tentang perubahan kata. Wanita Cina tersebut juga mengungkapkan betapa sulitnya untuk menghafal. Karena sebuah fi’il bahasa Arab mempunyai lebih dari 20 tatanan kaidah.

Rangkaian video yang diunggah oleh akun twitter @NUgarislucu hingga saat ini sudah mendapatkan ribuan like dan juga ratusan retweet. Tidak hanya itu ratusan komentar juga membanjiri laman akun tersebut.

Beberapa pengguna twitter memberikan pujian terhadap wanita itu, dan ada juga yang ingin mempelajari lebih dalam bahasa Arab.

3 tahun di smp, 3 tahun di sma, sleama kuliah belajar lg, sampe skrg masih belajar.. bahasa arab memang seindah itu utk dipelajari,” tulis akun twitter @kikiowa.

Yah, gabisa dipungkiri students atau mahasiswa dari China punya etos kerja yang luar biasa,termasuk dalam penguasaan Bahasa. Kalo liat channel TV nasional cina untuk Global (CGTN), bisa keliatan fasihnya presenter cina ngomong bahasa arab,” tulis akun twitter @masokys.

Makharijul huruf ku insyekyur mendengar mbaknya, seperti tidak ada apa apanya aku belajar dari TK,” tulis akun twitter @Dreamylofetan.

Indah Pranataning Tyas



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom