Tutup Iklan

Netflix Diperkirakan Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu.

 Netflix raup banyak keuntungan dari Squid Game. (Suara.com)

SOLOPOS.COM - Netflix raup banyak keuntungan dari Squid Game. (Suara.com)

Solopos.com, SOLO-Netflix memperkirakan bahwa serial megahit terbarunya Squid Game akan meraih keuntungan hampir US$900 juta atau sekitar Rp12,87 triliun (kurs Rp14.300/US$).

Dikutip dari Bloomberg, Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu. Netflix menarik keuntungan dengan menggunakan katalog filmnya dan irama rilis baru yang stabil untuk menarik pelanggan setiap pekan. Tetapi perusahaan memiliki banyak data tentang apa yang ditonton pelanggannya, yang digunakan perusahaan untuk menentukan nilai yang diperoleh dari program individual.

Squid Game menonjol karena popularitasnya dan biaya produksi yang relatif rendah. Serial drama Korea Selatan ini bercerita tentang orang-orang yang berutang dan terlibat permaiann bertahan hidup untuk mendapatkan hadiah uang tunai. Serial ini menghasilkan nilai dampak US$891,1 juta, berdasarkan metrik yang digunakan perusahaan untuk menilai kinerja dari pertunjukan serial atau film.

Baca Juga: Dokter Sarankan Nathalie Holscher Operasi Caesar, Ini Penyebabnya

Mengutip Bisnis.com, Minggu (17/10/2021), acara ini menghabiskan biaya hanya US$21,4 juta untuk produksi atau sekitar US$2,4 juta per episode. Angka-angka itu hanya untuk musim pertama dan berasal dari dokumen yang merinci metrik kinerja Netflix untuk pertunjukan tersebut. Dokumen tersebut menggarisbawahi betapa suksesnya acara yang satu ini untuk Netflix dan menawarkan gambaran paling jelas tentang bagaimana jaringan TV online paling populer di dunia menilai keberhasilan programnya.

Netflix telah merilis metrik pemirsa yang dipilih sendiri untuk beberapa acara TV dan film, tetapi tidak membagikan metrik yang lebih rinci dengan pers, investor, atau bahkan pembuat program itu sendiri. Menebak popularitas acara tertentu telah menjadi semacam permainan di Hollywood, bahkan saat Netflix mulai merilis datanya.

Seorang pengacara yang mewakili Netflix mengatakan dalam sebuah surat kepada Bloomberg bahwa tidak pantas bagi Bloomberg untuk mengungkapkan data rahasia yang terkandung dalam dokumen yang telah ditinjau oleh Bloomberg. “Netflix tidak membahas metrik ini di luar perusahaan dan mengambil langkah signifikan untuk melindunginya dari pengungkapan,” kata pengacara itu. Beberapa angka cukup jelas, dan mencerminkan data yang telah dilaporkan Netflix dan layanan lainnya. Sekitar 132 juta orang telah menonton setidaknya dua menit Squid Game dalam 23 hari pertama pertunjukan.

Baca Juga: Efek Hiatus Penulis, Manga One Piece 1029 Terbit 24 Oktober 2021

Ini memecahkan rekor Netflix yang dibuat oleh Bridgerton. Angka dua menit adalah yang dirilis Netflix ke publik untuk beberapa pertunjukan. Perusahaan mencatat ada 111 juta orang aktif di Netflix pada awal bulan ini, tetapi itu didasarkan pada data lama. Dalam kasus Squid Game, Netflix memperkirakan bahwa 89 persen orang yang memulai acara menonton setidaknya 75 menit (lebih dari satu episode) dan 66 persen pemirsa, atau 87 juta orang, telah menyelesaikan seri ini di 23 hari sejak rilisnya. Semua penonton di dunia telah menghabiskan lebih dari 1,4 miliar jam menonton serial yang diproduksi oleh Siren Pictures ini. Netflix sebelumnya melaporkan laju penambahan pelanggan paling lambat sejak 2013 pada paruh pertama tahun ini, dan menyalahkan kurangnya acara hit baru. Namun, kondisi ini berbalik setelah rilis Squid Game.


Berita Terkait

Berita Terkini

Nikita Mirzani Bongkar Chat Fuji Soal Tarif, Minta Dibayar Rp10 Juta

Nikita Mirzani bongkar isi chat adik Bibi Andriansyah yang minta tarif tertentu untuk tampil di podcast.

Dari The Beatles Hingga Steve Jobs Pernah Pakai Narkoba Jenis LSD

Sejumlah musikus seperti The Beatles hingga teknokrat seperti Steve Jobs ternyata pernah pakai narkoba jenis LSD ini.

Jeff Smith Keluar Uang Segini untuk Belanja Narkoba Jenis LSD

Berapakah uang yang harus dikeluarkan Jeff Smith untuk belanja narkoba?

Sehari 4 Lembar, Ini Alasan Jeff Smith Pakai Narkoba Kertas

Jeff Smith mengemukakan alasan memakai narkoba jenis kertas untuk menjaga stamina.

Polisi Ungkap Jenis Narkoba yang Digunakan Jeff Smith

Jenis narkoba yang digunakan Jeff Smith kali ini berbeda dibandingkan dulu saat penangkapan kali pertama.

Ikatan Cinta 9 Desember 2021: Rendy, Jessi dan Irvan Kepergok Michi

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 9 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Kanal Youtube Sule Juga Pernah Diretas Seperti Akun BNPB

Akun YouTube komedian kenamaan, Sule,  telah diambil alih (dibajak) pihak lain atau diretas pada Senin (6/12/2021).

Jeff Smith Kembali Tersandung Narkoba, Kekasih Ikut Terkena Getahnya

Sebelum Jeff Smith diciduk karena narkoba, Aisyah Aqilah sebenarnya sudah memberikan pesan kepada sang kekasih untuk tak lagi menyentuh barang itu.

Lirik Lagu Jika versi Yeni Inka

Berikut ini lirik lagu Jika dari Yeni Inka, yang telah tayang pada Jumat, 3 Desember 2021 di Youtube dan menjadi trending musik.

Sidang Pelanggaran Karantina Kesehatan oleh Rachel Vennya Digelar Jumat

Sidang kasus pelanggaran karantina kesehatan Rachel Vennya tersebut digelar di Pengadilan Negeri Tangerang pada Jumat (10/12/2021).

Artis Jeff Smith Tersandung Narkoba Lagi, Manajer Akui Belum Tahu

Ini merupakan kali kedua Jeff Smith tersandung kasus narkoba.

Siapakah Artis Berinisial JS yang Ditangkap Polisi Terkait Narkoba?

Penangkapan artis sinetron berinisial JS terkait narkoba itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Ayah Vanessa Angel Tak Mau Komentar Soal Perubahan Nama Gala Sky

Perubahan nama Gala Sky Andriansyah yang dilakukan oleh ayah Vanessa Angel ini menimbulkan tanya, termasuk host di acara Rumpi, Feni Rose.

Tepis Tudingan Isteri Hamil Duluan, Lutfi Agizal Ungkap Malam Pertama

Setelah menikah dan Nadya Indri hamil, Lutfi Agizal siapkan langkah untuk tepis tudingan isteri hamil duluan.

Wow! Gaun Nagita Slavina Saat Akikah Rayyanza Seharga 2 Motor

Harga gaun Nagita Slavina saat akikahan Rayyanza yang fantastis itu tentu saja bikin warganet takjub.

Syahrini Liburan ke Hawaii, Tas Murahnya Jadi Perhatian

Terbiasa memakai barang mahal, kali ini Syahrini mengejutkan warganet lewat tas berharga murah yang dibawanya.