Tutup Iklan

Netflix Diperkirakan Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu.

 Netflix raup banyak keuntungan dari Squid Game. (Suara.com)

SOLOPOS.COM - Netflix raup banyak keuntungan dari Squid Game. (Suara.com)

Solopos.com, SOLO-Netflix memperkirakan bahwa serial megahit terbarunya Squid Game akan meraih keuntungan hampir US$900 juta atau sekitar Rp12,87 triliun (kurs Rp14.300/US$).

Dikutip dari Bloomberg, Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu. Netflix menarik keuntungan dengan menggunakan katalog filmnya dan irama rilis baru yang stabil untuk menarik pelanggan setiap pekan. Tetapi perusahaan memiliki banyak data tentang apa yang ditonton pelanggannya, yang digunakan perusahaan untuk menentukan nilai yang diperoleh dari program individual.

Squid Game menonjol karena popularitasnya dan biaya produksi yang relatif rendah. Serial drama Korea Selatan ini bercerita tentang orang-orang yang berutang dan terlibat permaiann bertahan hidup untuk mendapatkan hadiah uang tunai. Serial ini menghasilkan nilai dampak US$891,1 juta, berdasarkan metrik yang digunakan perusahaan untuk menilai kinerja dari pertunjukan serial atau film.

Baca Juga: Dokter Sarankan Nathalie Holscher Operasi Caesar, Ini Penyebabnya

Mengutip Bisnis.com, Minggu (17/10/2021), acara ini menghabiskan biaya hanya US$21,4 juta untuk produksi atau sekitar US$2,4 juta per episode. Angka-angka itu hanya untuk musim pertama dan berasal dari dokumen yang merinci metrik kinerja Netflix untuk pertunjukan tersebut. Dokumen tersebut menggarisbawahi betapa suksesnya acara yang satu ini untuk Netflix dan menawarkan gambaran paling jelas tentang bagaimana jaringan TV online paling populer di dunia menilai keberhasilan programnya.

Netflix telah merilis metrik pemirsa yang dipilih sendiri untuk beberapa acara TV dan film, tetapi tidak membagikan metrik yang lebih rinci dengan pers, investor, atau bahkan pembuat program itu sendiri. Menebak popularitas acara tertentu telah menjadi semacam permainan di Hollywood, bahkan saat Netflix mulai merilis datanya.

Seorang pengacara yang mewakili Netflix mengatakan dalam sebuah surat kepada Bloomberg bahwa tidak pantas bagi Bloomberg untuk mengungkapkan data rahasia yang terkandung dalam dokumen yang telah ditinjau oleh Bloomberg. “Netflix tidak membahas metrik ini di luar perusahaan dan mengambil langkah signifikan untuk melindunginya dari pengungkapan,” kata pengacara itu. Beberapa angka cukup jelas, dan mencerminkan data yang telah dilaporkan Netflix dan layanan lainnya. Sekitar 132 juta orang telah menonton setidaknya dua menit Squid Game dalam 23 hari pertama pertunjukan.

Baca Juga: Efek Hiatus Penulis, Manga One Piece 1029 Terbit 24 Oktober 2021

Ini memecahkan rekor Netflix yang dibuat oleh Bridgerton. Angka dua menit adalah yang dirilis Netflix ke publik untuk beberapa pertunjukan. Perusahaan mencatat ada 111 juta orang aktif di Netflix pada awal bulan ini, tetapi itu didasarkan pada data lama. Dalam kasus Squid Game, Netflix memperkirakan bahwa 89 persen orang yang memulai acara menonton setidaknya 75 menit (lebih dari satu episode) dan 66 persen pemirsa, atau 87 juta orang, telah menyelesaikan seri ini di 23 hari sejak rilisnya. Semua penonton di dunia telah menghabiskan lebih dari 1,4 miliar jam menonton serial yang diproduksi oleh Siren Pictures ini. Netflix sebelumnya melaporkan laju penambahan pelanggan paling lambat sejak 2013 pada paruh pertama tahun ini, dan menyalahkan kurangnya acara hit baru. Namun, kondisi ini berbalik setelah rilis Squid Game.


Berita Terkait

Berita Terkini

Squid Game Jadi Nomine untuk 3 Kategori di Critics Choice Awards

Dengan demikian, Squid Game menjadi acara TV Korea Selatan pertama yang sukses jadi nomine di Critics Choice Awards.

Ditanya Soal Kedekatan dengan Abdee Slank, Ini Jawaban Sophia Latjuba

Dikabarkan punya kedekatan dengan Abdee Slank, Sophia Latjuba pun bikin publik penasaran benarkah pasangan ini pacaran dan akan menikah? 

Ikatan Cinta 7 Desember 2021: Irvan Labrak Iqbal, Pecah Kongsi?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 7 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Daftar Lengkap Pemenang Indonesian Music Awards 2021, Ada Lyodra

Ini dia daftar pemenang Indonesian Music Awards 2021 yang diadakan Senin (7/12/2021), salah satunya Lyodra.

Lirik Lagu Kehadiran Cinta - Yeni Inka

Berikut ini lirik lagu Kehadiran Cinta dari Yeni Inka, yang telah tayang pada Jumat, 3 Desember 2021 di Youtube.

Nathalie Holscher Tiba-Tiba Sakit Perut, Ternyata Kontraksi Palsu

Melihat Nathalie Holscher sakit perut, Sule terlihat mengelus-elus perut isterinya.

Kerja Keras Terbayar, Prilly Latuconsina Jadi Lulusan Terbaik

Prilly Latuconsina mengunggah momen saat dirinya diwisuda dan jadi lulusan terbaik itu di Instagram terverifikasi miliknya pada Senin (6/12/2021).

Tiga Personel BTS Kembali ke Korea, Sisanya Masih di AS

Tiga personel BTS ini tiba di tengah kilatan kamera penggemar dan jurnalis di Bandara Internasional Incheon sekitar pukul 05.00 waktu Korea Selatan

Big Hit Music Berikan BTS Cuti Panjang, Ini Alasannya

Keputusan agensi memberikan member BTS cuti panjang bukan tanpa alasan.

Cabut Permohonan Hak Asuh, Inikah yang Diinginkan Ayah Vanessa Angel?

Jika ayah Vanessa Angel tidak cabut permohonan bersama hak asuh Gala maka pengadilan bisa langsung memutuskan perwalian anak itu jatuh kepada orang tua Bibi.

Efek Pandemi Covid-19, Iwan Fals Bisnis Jualan Gorengan dan Kopi

Iwan Fals tak menampik bisnis barunya ini juga imbas dari sepi job selama pandemi Covid-19.

Persidangan Kasus Kecelakaan yang Bikin Laura Anna Lumpuh Digelar Besok

Jauh sebelum persidangan, Laura Anna sempat membuat pengakuan di media sosial soal kecelakaan yang dialami bersama Gaga Muhammad.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Lirik Lagu Sri Minggat - Denny Caknan feat Danang

Berikut ini lirik lagu Sri Minggat dari Denny Caknan feat Danang, yang telah tayang pada Jumat, 3 Desember 2021 di Youtube.

Muncul Petisi Boikot di TV, Begini Respons Ayah Vanessa Angel

Ayah mendiang Vanessa Angel memberikan respons di luar dugaan atas munculnya petisi boikot penampilan dirinya di televisi itu.