Tutup Iklan

Neraca Jahe Dalam Negeri Masih Positif, Ini Penjelasan Kementan

Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo memperhatikan betul perkembangan produksi tanaman obat, salah satunya jahe.

Neraca Jahe Dalam Negeri Masih Positif, Ini Penjelasan Kementan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jahe. (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo memperhatikan betul perkembangan produksi tanaman obat, salah satunya jahe.

Jahe (Zingibar officianale) termasuk tanaman obat unggul nasional selain kunyit dan kapulaga. Pada masa pandemi Covid 19, menunjukkan prospek harga yang bagus karena permintaan meningkat. Produksi jahe nasional dalam kurun tahun 2017-2020 cukup stabil, berkisar 174.000 – 216.000 ton/tahun atau rerata 195.000 ton/tahun.

"Terhitung dua tahun sebelumnya, produksi jahe dalam negeri pernah mencapai angka fantastis, yaitu 313.000 ton pada 2015 dan 340.000 ton pada 2016", ujar Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Menaker: THR Wajib Dibayar Sebelum Lebaran Dan Tak Boleh Dicicil!

Guna mendukung produksi dan produktivitas jahe di dalam negeri, mulai 2021 Kementerian Pertanian mengembangkan kawasan jahe terintegrasi dari hulu sampai hilir melalui program Kampung Tanaman Obat. Kampung ini termasuk dalam program Kampung Hortikultura secara keseluruhan. Target Kampung Jahe pada 2021 seluas 305 hektare, tersebar di 53 kampung/desa dari 47 kabupaten/kota di 22 provinsi.

Pengembangan Kampung Obat ini selain dialokasikan di wilayah sentra, juga merupakan pengembangan kawasan baru dan mendukung program Grand Design Alternative Development tanaman psikotropika ke komoditas tanaman obat. Lokasinya berada di Bireun, Aceh Besar dan Kapuas Hulu.

Secara lengkap ke 22 provinsi yang mendapat alokasi Kampung Jahe antara lain Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Banten, Bali, Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Lampung, NTB, NTT, Kalbar, Kalsel, Kaltim, Kalteng, Sulsel dan Papua.

Baca Juga: Menganalisis Prediksi Kenaikan Harga Laptop Tahun Ini

Masih Mencukupi

Berdasarkan informasi petugas data dan informasi dinas pertanian provinsi pada Pembahasan Angka Sementara SPH Tanaman Biofarmaka 2020 pada Februari lalu, penurunan produksi jahe di beberapa wilayah disebabkan antara lain rendahnya produktivitas. Selain itu adanya alih tanam komoditas ke jenis yang lebih komersial yang berumur pendek serta terjadinya alih fungsi lahan.

"Kami pernah melakukan pertemuan dengan stakeholder terkait untuk membahas neraca jahe selama tiga tahun terakhir. Pada pertemuan tersebut diketahui bahwa neraca jahe selama 2019 - 2021 bernilai positif. Hal ini mengindikasikan bahwa ketersediaan jahe di dalam negeri masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan baik konsumsi langsung, industri, ekspor serta benih,” ujar Direktur Sayuran dan Tananam Obat, Tommy Nugraha.

Hal tersebut dibenarkan Manajer Budidaya Tanaman PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul,Tbk., Bambang Supartoko. “Bahwa kebutuhan jahe dalam negeri dilihat dari data produksi dan ketersediaan masih mencukupi bila dikelola dengan baik. Meskipun demikian akan menjadi masalah apabila standar mutu dan masa panen yang belum stabil. Hal ini berkaitan dengan budidaya jahe yang beragam di berbagai tempat,” ujarnya.

Baca Juga: Pengajuan Bantuan UMKM Kota Solo Dibuka, Ini Caranya

Pemerintah, kata Bambang, perlu melakukan penataan kawasan dan memfasilitasi sarana produksi, terutama benih bermutu. Pendampingan budidaya dan pasca panen kepada pelaku usaha produksi jahe perlu dilakukan hingga dapat menjembatani menuju hilirisasi produk.

Hal senada disampaikan Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), Institut Pertanian Bogor, Awang Maharijaya. Kebutuhan jahe baik untuk rumah tangga maupun industri saat ini masih cukup terpenuhi. Kualitas dan produktivitasnya perlu ditingkatkan mengingat tren permintaan naik termasuk tuntutan kualitas atau standar mutunya.

"Updating kebutuhan terutama untuk industri perlu dilakukan sehingga perencanaan produksi menjadi lebih tepat dan dapat mengantisipasi kekurangannya,” jelasnya.

Berdasarkan data BPS 2021, rata-rata impor jahe per tahun sebesar 11.000 ton dan impor tertinggi terjadi pada tahun 2019 (21.700 ton) kemudian turun pada tahun 2020 (19.200 ton).

Berita Terkait

Berita Terkini

Kunci Pengembangan Pariwisata Lokal Jateng DIY: Sinergi & Kolaborasi

Kunci dalam pengembangan pariwisata lokal di Jateng dan DIY menurut Dirut BOB Indah Juanita adalalah sinergi dan kolaborasi.

Naik 22%, Jumlah Penumpang Lewat Bandara Adi Soemarmo Capai 43.254 Orang

Load factor atau jumlah penumpang pesawat terbang komersial melalui Bandara Adi Soemarmo pada April 2021 sebanyak 43.254 orang.

Kisah Indah Juanita, Hobi Wisata Antar Dia Jadi Dirut Badan Otorita Borobudur

Kisah inspiratif ditorehkan Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita yang memulai karier di bidang wisata karena hobi.

Ajaib, Belum Genap 6 Bulan Saham DCII Meroket 14.000 Persen

Mantan Direktur Utama PT BEI Hasan Zein turut mengomentari pergerakan harga saham PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) yang melambung tinggi.

Rivan A Purwantono Kembali Mendapat Mandat Memimpin PT Jasa Raharja (Persero)

Hampir 15 tahun menjadi bagian KB Bukopin, Rivan Achmad Purwantono memiliki karier cukup melesat mulai kepala divisi, general manager hingga direktur.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Kompak Turun, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Kamis 17 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Kamis (17/6/2021) turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Promo Masakan Eropa The Sunan Hotel, Ini Menunya

-The Sunan Hotel Solo menghadirkan promosi masakan dengan menu khas Eropa yang bertajuk Europe has Never Been This Close.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jangan Gegabah Utang Paylater, Ini Saran OJK

OJK meminta masyarakat memahami layanan bayar tunda atau buy now pay later (BNPB/paylater) dengan berbagai konsekuensinya.

Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai ATM Link Dibatalkan, Ini Alasannya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengonfirmasi pembatalan rencana pengenaan tarif cek saldo dan tarik tunai di ATM Link.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Moeldoko Dorong Sinergi Kementan Kembangkan Porang dan Sarang Burung Walet

Ketua Umum HKTI yang juga Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko jalin kerja sama dengan Kementan kembangkan porang dan sarang burung walet.

Ekspor-Impor Meningkat, Menko Perekonomian Airlangga Sebut Tren Pemulihan Ekonomi Berlanjut

Pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut seiring dengan tren penguatan ekspor dan impor. Ekspor pada Mei 2021 menguat signifikan sebesar 58,76% (yoy). 

Tabungan Deposito Nasabah di Makassar Hilang Rp20 Miliar, Ini Respons BNI

BNI angkat bicara menanggapi kasus dugaan uang tabungan deposito warga Makassar senilai Rp20 miliar yang hilang misterius

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Rabu 16 Juni 2021, Turun Lagi?

- Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (16/6/2021) hari ini, naik untuk UBS, namun turun untuk cetakan Antam.

Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran, Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

-Untuk meningkatkan performa toko online yang berdampak pada peningkatan penjualan, seller harus memahami fitur-fitur pemasaran di e-commerce tersebut.

Kisah Sukses Naja Mengawali Bisnis Alya Hijab Modal Rp200.000

Bisnis Alya Hijab berawal dari ketidaksengajaan Naja pada 2009, dan terus berkembang hingga bisnisnya dikenal banyak orang.

Ekspor Indonesia Naik 58,3 Persen Dibanding Tahun Lalu, Bagaimana dengan Impor?

Kinerja ekspor meningkat sebesar 58,76 persen (year-on-year/yoy), di mana ekspor migas naik sebesar 66,99 persen yoy.

Cara Cek Resi Tiki Pakai Atau Tanpa Aplikasi, Mudah Banget!

Cara cek status pengiriman barang melalui nomor resi yang sangat mudah membuat TIKI menjadi perusahaan pengiriman barang yang dipercaya masyarakat Indonesia.

Ada yang Baru dari Prodia Mobile! Yuk Update Sekarang!

Pemesanan online via Prodia Mobile versi terbaru akan jadi prioritas dalam antrean saat datang ke cabang Prodia sehingga lebih cepat.

Jangan Sampai Terlewat, Talkshow Bisnis Meriahkan Road to SBBI 2021

Anugerah Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021 bakal dimeriahkan dengan sederat event sebelum acara puncak yang digelar pada Rabu (7/7/2021) mendatang.

5 Ide Hobi Berfaedah untuk Tingkatkan Produktivitas di Rumah

menjalankan hobi baru merupakan salah satu cara untuk tetap produktif dan ternyata mampu menstimulasi otak kita agar tetap berkembang.

Soal Pajak Sembako, Menkeu Sri Mulyani Minta Masyarakat Jangan Mudah Terhasut

Sri Mulyani mendengar penuturan sejumlah pedagang di pasar yang khawatir terjadi kenaikan harga akibat penarikan pajak sembako.

Turun Lagi Hlo, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa 15 Juni 2021

Dibandingkan dengan sehari sebelumnya, harga emas Selasa (15/6/2021) hari ini untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian turun Rp3.000.

Kenali Modus Investasi Bodong, Mulai dari Like Post di Medsos hingga Skema Piramida

Saat ini investasi ilegal atau bodong masih marak dengan berbagai modus yang dijalankan para pelaku untuk menjerat korban.

Menko Airlangga Dukung Kolaborasi Visa-Alto Tingkatkan Inklusi Keuangan Nasional

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pentingnya kemitraan dan jasa keuangan digital untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan nasional.

Sempat Turun, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Senin 14 Juni 2021

Mengutip laman Pegadaian, harga emas hari ini, Senin (14/6/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian mencapai Rp 991.000.

Jangan Mudah Tergiur, Investasi Bodong Sering Pakai Jasa Tokoh hingga Selebritas

Investasi ilegal atau bodong masih marak lantaran masyarakat mudah tergiur keuntungan yang tinggi. Mereka sering menggunakan selebritas.

Ingin Tetap Bugar, Yuk ke Zig-Spa di Solia Zigna

Zig-Spa adalah paket spa kolaborasi Solia Zigna dengan salah satu penyedia layanan kebugaran di Kota Solo, dibuka Rabu, 10 Juni 2021.

3.193 Diblokir Satgas Investasi, Ini Ciri-Ciri Pinjol Ilegal yang Perlu Diwaspadai

Satgas Waspada Investasi mengungkapkan hingga saat ini sedikitnya 3.193 pinjaman online (pinjol) ilegal yang diblokir.

Kerugian Akibat Investasi Ilegal Capai Rp117 Triliun dalam 10 Tahun

Kerugian masyarakat akibat investasi ilegal dalam 10 tahun terakhir secara nasional telah mencapai Rp117 Triliun

PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya, Begini Cara Mengaksesnya

Melihat tingginya antusiasme pelanggan, PLN memperpanjang promo diskon tambah daya yang semula berakhir pada 31 Mei 2021 menjadi 30 Juni 2021 mendatang.

Astra Isuzu Klaten Pindah Tempat, Layanan Semakin Hebat

Astra Isuzu Klaten hadir untuk mendukung bisnis pelanggan di segmen transportasi dan logistik, government sales operation (GSO), serta bisnis retail industri kecil dan menengah.

Turun Lagi, Ini Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Jumat 11 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Jumat (11/6/2021) hari ini kembali turun baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

UMKM Virtual Expo: Semua Bisa Sukses Berjualan di Tokopedia, Asal..

Membuka toko online berjualan di e-commerce seperti Tokopedia menjadi salah satu pilihan tepat bagi UMKM untuk naik kelas.

Kondisi Stabil dan Membaik, KB Bukopin Sandang Peringkat Pefindo AAA

KB Bukopin mendapatkan peringkat idAAA dari Pefindo yang berarti peringkat perusahaan tersebut dalam kategori stabil.

Rencana Sembako Kena PPN, Pedagang: Kami Bisa Gulung Tikar

Ikatan pedagang pasar Indonesia (Ikappi) memprotes rencana pemerintah menerapkan pajak sembako karena berpotensi merugikan.

Sembako Kena PPN Bisa Gerus Daya Beli hingga Bebani Petani

Rencana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk bahan pokok atau sembako sebesar 12 persen menuai kritik dari elemen masyarakat.

The Sunan Hotel Solo Gelar Bincang Kesehatan Pencegahan Stunting Sejak Dini

The Sunan Hotel Solo bekerja sama dengan RS JIH (Jogja International Hospital ) Solo menggelar bincang kesehatan tentang stunting.

Yang Kaya Diampuni, Sembako Dipajaki

PPN barang bahan pokok ini akan kian menggerus daya beli dan konsumsi rumah tangga.

Turun Lagi Sis, Berikut Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Hari Ini

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian hari ini Kamis (10/6/2021) turun baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Perlu Tahu, Ini Hlo Daftar Sembako yang akan Kena PPN 12 Persen

Pemerintah berencana mengenakan PPN atas barang bahan pokok atau sembako dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Selamat, Warga Jembungan Boyolali Raih Honda Mobilio dari Simpedes BRI

Grand prize utama Undian Simpedes Boyolali periode September 2020-Februari 2021, Honda Mobilio, diraih nasabah dari Unit Jembungan.

Borong BTS Meal, ARMY Indonesia Kumpulkan Donasi Rp29 Juta untuk Driver Ojol

Penggemar BTS atau ARMY (Adorable Representative M.C for Youth) di Indonesia  menggelar donasi dalam rangka perilisan produk BTS Meal.

SBBI 2021: Konsumen Pilih Merek Otomotif Demi Fungsi dan Performa

Sektor otomotif menjadi salah satu kategori penting dalam penyelenggaraan Solo Best Brand and Innovation (SBBI).

Bikin Sejumlah Gerai McDonald's di Jakarta Tutup, Ini Hlo Isi Menu BTS Meal

Efek BTS Meal di McDonalds, sejumlah outlet McDonalds tutup sementara di layanan pesanan layanan online, Rabu (9/6/2021).

BTS Meal McDonald's Diburu ARMY, Biaya Ongkir Capai Rp42.000

Para penggemar BTS atau ARMY di Indonesia sudah pasti ingin segera mendapatkan paket baru dari McDonald's, BTS Meal, yang diluncurkan Rabu (9/6/2021).

Semua Boleh Masuk Mal di Solo, Prokes Diperketat

Pemkot Solo secara resmi memperbolehkan anak usia balita, ibu hamil dan lansia berkunjung ke pusat perbelanjaan modern atau mal.

Pemerintah Memberikan Izin dengan Syarat, GIIAS 2021 akan Digelar?

Pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dikabarkan akan hadir kembali tahun ini pada pada 12–22 Agustus 2021.

Ketua DK Sebut Pengelolaan Aset LPS Aman dan Tidak Ada Penyimpangan Aneh

Pengelolaan aset LPS termasuk juga dana dari masyarakat telah dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2004 tentang LPS.

Naik Tidak Merata, Berikut Harga Emas Antam Hari Ini Rabu Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Rabu (9/6/2021) hari ini,  naik untuk ukuran tertentu, baik cetakan UBS maupun Antam.

UMKM Virtual Expo: Mengungkap Tips Memulai dan Sukses Berjualan di Tokopedia

UMKM bisa memperluas pasar dengan memanfaatkan e-commerce seperti Tokopedia. Asal tahu cara dan tipsnya  UMKM bisa sukses di Tokopedia.

PLN Gelar Lomba Desain Rumah Sehat, Berhadiah Rp457 Juta

Lomba desain rumah sehat, terjangkau, dan ramah lingkungan oleh PLN dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori mahasiswa.

Duh, BPK Ungkap 106.842 Permasalahan dengan Total Nilai Rp166,23 Triliun

BPK Bahtiar Arif mengatakan bahwa lembaganya mencatat ada 70.499 temuan dengan 106.842 permasalahan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Alhamdulillah, 50,7% Pegawai KAI Telah Divaksin Covid-19

Sebanyak 2.782 pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta telah divaksin hingga 1 Juni 2021.

Okupansi Hotel Bintang di Solo 36,64%, Berharap Berkah Vaksinasi

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di Kota Solo pada April 2021 sebesar 36,64% atau mengalami penurunan sebesar 0,20 poin dibanding pada bulan sebelumnya sebesar 36,84%.

OJK Dorong Potensi Ekonomi Baru di Soloraya, Apa Saja?

Perekonomian daerah memegang peranan penting dalam mengatrol pertumbuhan ekonomi nasional terutama di masa pandemi Covid-19.

Seru! Wahana Mandi Bola Terbesar di Soloraya Hadir di The Park

Wahana mandi bola bertajuk Kanimals Mobile Playland hadir di Soloraya tepatnya di The Park Mall Solo pada 5 Juni - 4 Juli 2021.

Perpres Minuman Alkohol Terbit Lagi, Larang Investasi Bidang Ini

Presiden Joko Widodo kembali menerbitkan peraturan presiden (perpres) terkait minuman mengandung alkohol. Beleid tersebut yaitu Perpres No. 49/2021.

Penyaluran Kredit di Soloraya Rp101 Triliun Meski Ekonomi -1,58%

Pemulihan ekonomi di Soloraya terus berlangsung positif dan dalam jalan yang benar meski laju pertumbuhannya belum secepat yang diharapkan.

Harga Daging Ayam Sumbang Inflasi Kota Solo

Kota Solo mengalami inflasi sebesar 0,06% pada Mei karena adanya kenaikan harga-harga yang ditunjukan oleh naiknya angka indeks harga konsumen.

Transformasi PLN, Kunci Sukses Percepat Digitalisasi Pembangkit Listrik

Transformasi PLN, telah ditetapkan 20 Program Terobosan yang pada tahun 2021 ini jumlahnya bertambah menjadi 24 Program.

Kunjungi Sriekandi Patra, Staf Khusus Presiden Beri Semangat Para Difableprenuer Binaan Pertamina

Pertamina kembali mengembangkan program inkubasi bisnis bagi difabelprenuer Kresna Patra dengan memberikan berbagai  pelatihan keterampilan konfeksi.

Porang Favorit di Jepang, Potensi Ekspor Kian Besar

Industri makanan dan minuman menilai tren budidaya porang saat ini tidak boleh lepas dari pengembangan industri olahan makanan.

Waskita dan BUMN China Garap Aneka Proyek Infrastruktur, Ini Daftarnya

Kerja sama antara Waskita dan CCCC mencakup pengembangan infrastruktur transportasi dan industri lainnya, salah satunya proyek jalan tol.

Catat, Pemerintah akan Hentikan Stimulus Listrik Mulai Juli

Pemerintah akan menghentikan stimulus tarif listrik selama pandemi Covid -19 mulai Juli 2021 mendatang karena ekonomi dinilai sudah pulih.

Komitmen Layani Peserta, MICC Hadir di Solo

Mandiri Inhealth membuka Mandiri Inhealth Contact Center (MICC) kedua di Solo tepatnya yang diresmikan pada Jumat (4/6/2021).

Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi, BUMN Pererat Kerja Sama dengan China

Delegasi Indonesia yang dipimpin Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan pemerintah China.

Utang Garuda Indonesia & Keuangan yang Kian Berdarah

Garuda Indonesia memperpanjang waktu pembayaran utang bunga sukuk globalnya.

Dear Kaum Milenial, Ini Hlo Tips Investasi Kripto Minim Risiko

Kaum milenial perlu melek tentang investasi termasuk investasi kripto agar tidak salah mengambil keputusan.

Melesat di Tengah Pandemi, Siapa Raja E-Commerce Asia Tenggara?

i tengah lesunya berbagai sektor perekonomian akibatdampak pandemi Covid-19, perdagangan elektronik atau e-commerce justru sebaliknya.

Lengkapi Fasilitas Stasiun Solo Balapan, KAI Bangun Masjid Berkapasitas 600 Orang

PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya dengan membangun masjid di Stasiun Solo Balapan.

7 Hotel di Soloraya Sabet Penghargaan, Modal Besar Dongkrak Pariwisata

Sebanyak tujuh hotel di Soloraya memborong penghargaan di ajang Joglosemar Tourism Award 2021 yang diharap menjadi modal besar untuk mendongkrak pariwisata Soloraya.

Resmi Diluncurkan di Solo, Telkomsel 5G Bisa Diakses di Balai Kota dan Grapari Hlo

Telkomsel meluncurkan 5G di tiga kota lainnya setelah Jakarta, yakni Solo, Balikpapan, dan Medan yang secara simbolis dilakukan di Solo.

Solusi JNE Tingkatkan Pemasaran UMKM Soloraya

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) siap mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) Soloraya untuk naik kelas dengan meningkatkan pemasaran.

Presiden Terpilih 2024 Diprediksi akan Mewarisi Utang Rp10.000 Triliun

- Utang pemerintah terus bertambah di tengah pandemi Covid-19. Hingga April, Kementerian Keuangan mencatat posisi utang mencapai Rp6.527,29 triliun.

Cerita Hafsha Peserta Pelatihan UMKM Soloraya: Dapat Kata-Kata Pamungkas!

Salah satu peserta Pelatihan UMKM Soloraya, Hafsha Nuraini mengaku beruntung mengikuti acara yang digelar Solopos dan Indosat Ooredoo. Kenapa?

Seru! Curhat Pelaku Usaha di Pelatihan UMKM Solopos-Indosat

Pelaku UMKM Soloraya ramai-ramai curhat kepada Indosat Ooredoo mengenai pemasaran digital, baik melalui sosial media atau pun e-commerce.

Siap-Siap, Orang Kaya bakal Kena Pajak Mewah Berkisar 15% hingga 25%

Otoritas fiskal menetapkan tarif Pajak Pertambahan Nilai untuk masyarakat kelas atas di kisaran 15 persen — 25 persen.

Biar Melejit, Indosat Ooredoo Dorong Pelaku UMKM Soloraya Garap Market Digital

Indosat Ooredoo berharap pelaku UMKM di Soloraya untuk mulai menggarap pasar digital, baik melalui sosial media atau e-commerce.

Ekonom Senior Sebut Anggaran Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Tak Masuk Akal Sehat

Proses penganggaran alutsista sebesar Rp1.700 triliun atau Rp1,7 kuadriliun dinilai tidak masuk akal sehat.

Pelatihan Solopos-Indosat: UMKM Didorong Manfaatkan Medsos

Pelatihan UMKM Soloraya yang diselenggarakan Solopos bekerja sama dengan Indosat Ooredoo menghadirkan pembicara andal.

Pemulihan Ekonomi Terus Berlanjut, Inflasi Tahun Ini Diprediksi Capai 3,58 Persen

BPS mencatat inflasi pada Mei 2021 didorong oleh peningkatan harga terutama komoditas pangan sejalan dengan momentum Idulfitri.

Pameran di Mal, Dongkrak Pemasaran Produk UMKM Lokal

Pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk Solo Art and Craft digelar untuk kali keempat di atrium Solo Paragon Mall.

15 UMKM Solo Dilatih Pemasaran Digital

Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo bakal dilatih cara melejitkan profit melalui pemasaran digital.

Bank BJB Raih Top 50 Emiten di The 12th IICD Corporate Governance Award

Penghargaan yang diterima Bank BJB tersebut diselenggarakan oleh Indonesian Institute for Corporate Director (IICD).

Dukung Pertumbuhan PDB Indonesia, AdaKerja Hadir Mempermudah Pengelolaan UMKM

Platform inovatif yang menawarkan solusi terpadu untuk para UMKM dan para pekerja terampil, AdaKerja secara resmi diluncurkan di Indonesia.

Wow, Utang Masyarakat di Pinjol Tembus Rp20,61 Triliun

Industri teknologi finansial peer-to-peer (P2P) lending mencatatkan Rp20,61 triliun kepada 20,28 juta borrower aktif per April 2021.  

Kondisi Garuda Indonesia Kian Mengkhawatirkan, Dewan Komisaris Rela Gaji Disetop

Kondisi Garuda Indonesia kian parah, Dewan Komisaris siap tidak digaji untuk sementara agar meringankan beban perusahaan.

Yummy, The Sunan Hotel Solo Hadirkan Korean Cake

The Sunan Hotel Solo kembali menghadirkan gebrakan baru untuk pecinta cake dengan meluncurkan produk cake dengan cita rasa istimewa.

The Sunan Hotel Solo Raih Penghargaan Hotel MICE Terbaik se-Jateng DIY

The Sunan Hotel Solo menerima penghargaan dari ajang Joglosemar Tourism Award 2021 yang digelar di Grand Ballroom Sheraton Hotel Mustika Yogyakarta.

Jelang RUPS KB Bukopin, Sinergi KB Kookmin dan Bosowa Semakin Menguat

Menjelang Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS Tahunan KB Bukopin pada 17 Juni 2021 tersiar kabar putusan banding salah satu pemegang saham.

Indonesia Terdepan dalam Laju Manufaktur Asean

Sektor manufaktur Asean terus berada di jalur pemulihan pada Mei 2021. Indonesia memimpin dengan angka PMI 55,3.

Dorong UMKM Go Global, Solopos dan Indosat Gelar Pelatihan

Solopos bekerja sama dengan Indosat Ooredoo menggelar pelatihan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Kamis (3/6/2021).

Himbara: Penerima Bansos Tidak Kena Biaya Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memastikan penerima bantuan sosial (bansos) tidak akan dikenakan biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link.